KNPI Manado Menandatangani Ikrar Kebangsaan Menjaga Keutuhan NKRI

Wali Kota Manado, DR GS Vicky Lumentut saat memimpin Apel bela NKRI (Foto Suluttoday.com)

MANADO – Pemerintah Kota Manado, Jumat (26/5/2017) menggelar Apel Akbar dan Deklarasi Solidaritas Masyarakat Kota Manado untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sekaligus diikuti dengan penandatanganan Ikrar Kebangsaan di Lapangan Tikala. DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Manado sebagaimana disampaikan Sekretaris KNPI Manado, Amas Mahmud, S.IP bahwa menjaga keutuhan NKRI merupakan tanggungjawab bersama anak bangsa.

”Ini merupakan momentum untuk kita menggiatkan kembali konsolidasi kebangsaan, betapa tidak upaya para pendahulu kita dan pemerintah saat ini, serta elemen rakyat untuk merawat persatuan dan kesatuan mulai diganggung dengan munculnya paham-paham radikal yang berpotensi merusak keutuhan NKRI. Momentum Apel yang digagas pemerintah Kota Manado merupakan wujud kepedulian yang tinggi dari Wali Kota Manado Bapak DR GS Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota, Mor Dominus Bastiaan, SE untuk mewujudkan kerukunan bukan sebatas argumentasi serta retorika, tapi melalui tindakan nyata,” tutur Amas yang merupakan jebolan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado ini.

Disampaikannya juga bahwa penandatanganan Ikrar Kebangsaan yang dilakukan KNPI Manado merupakan bagian dari konsistensi KNPI dalam mendudukkan peran penting pemuda pada level pembangunan di daerah ini, terlebih dengan cara mengokohkan persatuan nasional. Amas yang pernah dikader di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Manado itu menuturkan terkait apa yang disampaikan Ketua KNPI Manado, Erick G Kawatu, SE.,MM yakni pentingnya pemuda sebagai pelopor perubahan.

Sekretaris KNPI Kota Manado, Amas Mahmud saat menandatangani ikrar yang disaksikan Wali Kota DR GS Vicky Lumentut (Foto Suluttoday.com)

”Kita telah melakukan penandatanganan Ikrar Kebangsaan yang disaksikan Wali Kota Manado tadi, begitu pula dengan Deklarasi yang menjelaskan bahwasanya komitmen bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu bahasa Indonesia sudah final. Bagaimana derap langkah kita bisa berjalan harmoni menjaga tatanan nilai sosial agar jauh dari disintegrasi, apalagi pesan Ketua KNPI Manado soal pentingnya optimalisasi peran posisi pemuda Kota Manado sebagai pelopor dan garda terdepan untuk mewujudkan perubahan. Iya, bila ada organsiasi kepemudaan dan kemasyarakatan yang berideologi anti Pancasila serta NKRI, maka KNPI Manado berada didepan melakukan penolakan, bahkan turun menolak dengan tegas,” ujar Amas.

Berlangsungnya Apel menjaga keutuhan NKRI di depan kantor Wali Kota Manado (Foto Suluttoday.com)

Untuk diketahui yang mendatangani Ikrar Kebangsaan diantaranya dari Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Kota Manado, Pdt Roy Lengkong STh Ketua, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Manado Pdt Renata Ticonuwu STh (Ketua), Forum Pembauran Kebangsaan (FKUB), Drs Albert Wuisang Ketua, KNPI Kota Manado, Amas Mahmud, S.IP selaku Sekretaris, Ketua Karang Taruna Kota Manado, Briliant Charles, SE, sebagai Ketua dan Ketua MUI Manado yang diwakili MUI Sulut, KH Abdul Wahab Abdul Gafur.

Selanjutnya, para peserta Apel melakukan jalan sehat (pawai) menuju kawasan eks kampung Texas untuk Pembukaan Selubung Papan Nama pembangunan Graha Religi, setelah itu para peserta Apel membubarkan diri dengan tertib.(Rahmat)

iklan1
iklan1