Pimpin Apel Deklarasi Solidaritas untuk NKRI, Ini Pesan Wali Kota Manado

Wali Kota GS Vicky Lumentut ketika memberikan arahan saat Apel (Foto Suluttoday.com)

MANADO – Bertempat di Lapangan Sparta Tikala, depan kantor Walikota Manado, Jumat (26/5/2017) pagi tadi, Wali Kota Manado, DR GS Vicky Lumentut memimpin langsung Apel dan Deklarasi Damai Solidaritas menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kata Wali Kota Manado, belakangan ini ada pihak-pihak yang berusaha merusak hubungan kekeluargaan masyarakat Indonesia dengan menciptakan polemik isu politik dari Ormas intoleran, serta memecah persatuan dan kesatuan Bangsa.

“Kita adalah pewaris kesepakatan para pendahulu dan pendiri bangsa ini, yang pada 72 tahun lalu telah merasakan senasib sepenanggungan dengan kemauan untuk merdeka. Dimana, memutuskan untuk menerima keberagaman, mengesampingkan segala perbedaan dan bersatu dalam sebuah bangsa baru, yakni Bangsa Indonesia. Dan hari ini kita berada ditempat ini untuk menegaskan komitmen kebangsaan tersebut,” ujar Wali Kota yang akrab disapa GSVL ini.

Foto bersama setelah penandatanganan ikrar untuk menjaga NKRI (Foto Suluttoday.com)

Selain itu, tambah GSVL bahwa sikap tersebut sangat penting untuk memelihara semangat persatuan, sekaligus semangat keterbukaan bagi keberagaman. Sebagaimana, Indonesia yang didalamnya terdapat beragam etnis, budaya, religi, sebagaimana juga Kota Manado yang mempunyai keberagaman tersebut.

“Justru dengan keberagaman inilah yang seharusnya menginspirasi kita untuk saling mengenal, memahami dan menerima, bekerjasama, bekerja keras dan bekerja cerdas mengolah hidup yang lebih baik. Sebab itu, saya mengajak kita sekalian untuk wujudkan solidaritas itu, mulai dari rumah dan keluarga kita. Dengan prinsip, hidup bae-bae, baku baku tulung dengan baku baku bae,” terang Wali Kota GSVL.

Peserta Apel saat melakukan jalan sehat Kebangsaan (Foto Suluttoday.com)

Sekedar diketahui, Penandatanganan Deklarasi Solidaritas NKRI itu dilakukan dalam Apel Kebangsaan yang dipimpin Wali Kota Manado GSVL dan dihadiri Komandan KODIM 1309 Manado Letkol ARM Johanis Toar Pioh, serta presidium Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Manado, KNPI Kota Manado, Karang Taruna, FPK Manado, dan seluruh Ormas se-Kota Manado. (*/Mas)

iklan1
iklan1