Sompotan Buka Sosialisasi Pengelolaan Energi Panas Bumi

Syerly Sompotan ketika menghadiri dan membuka sosialisasi energi panas bumi bagi siswa (Foto Suluttoday.com)

TOMOHON – Wakil Wali Kota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) membuka Sosialisasi Pengelolaan Energi Panas Bumi oleh Pertamina Geothermal Enerrgy (PGE) di Gedung Serba Guna PT PGE, Senin (30/05/2017). Dalam sambutannya Sompotan mengatakan bahwa tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk menyampaikan tentang energi panas bumi yang merupakan salah satu sumber daya alam (SDA) di Kota Tomohon, terkait pengelolaannya dan manfaat.

“Dengan bertambahnya pengetahuan tentang energi panas bumi, diharapkan agar para siswa mulai tergerak hati dan pikiran untuk memperhatikan potensi energi panas bumi di Indonesia, terutama disekitar tempat tinggal (Tomohon), untuk itu para siswa harus paham tentang panas bumi atau geothermal,” ujar Sompotan.

Diakhir sambutannya, Sompotan mengharapkan para siswa dapat memahami dan berdiskusi dengan para narasumber yaitu kerjasama Fungsi Energi Dinas Tenaga Kerja Tomohon dengan PT Pertamina Geothermal Energy Area Lahendong selaku pihak yang selama ini mengelola energy panas bumi.

Sompotan juga berharap agar diantara para siswa kelak menjadi seorang ahli geologi, geofisika dan geokimia yang mampu mengelola dan memanfaatkan sumber panas bumi di tempat para siswa tinggal untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Hadir juga General Manager PGE Area Lahendong Salvius Patangke, selaku Narasumber Tondo Wicaksono, Kepala Dinas Tenaga Kerja Tomohon A Bolang Sh dan para guru serta para siswa SE Kota Tomohon.

Kegiatan dilanjutkan dengan Sosialisasi Regulasi Pemanfaatan Langsung Panas Bumi, Kadis Tenaga Kerja kota Tomohon Jeane Bolang, SH.MH dalam laporannya mengawali kegiatan ini mengatakan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi tentang Pemanfaatan Langsung Panas Bumi sesuai undang-undang nomor 21 tahun 2014 serta member arah pelaksanaan pengembangan Energi baru Terbarukan dan Pemanfaatan Langsung Panas Bumi dapat mendukung pembangunan yang ada di Kota Tomohon.

Hadir juga dalam sosialisasi ini Pejabat sementara General Manager PT. Pertamina Geothermal Energy Area Lahendong Bpk. Ahmad Yani, para narasumber perwakilan PGE Bpk. Rahindradi P. Sambodo, dari Akademisi dr. Tommy Sumakul, SH.MH, Kabid Energi Dinas ESDM Prov. Sulut Ir. Brahma Putra Camat Tomohon Selatan Ronald Kalesaran, Lurah-Lurah se kota Tomohon dan para peserta sosialisasi. (Stevy)

iklan1
iklan1