Upacara Hari Lahir Pancasila, Mantapkan Semangat Kebersamaan

Berbagai kegiatan dan Upacara Hari Lahir Pancasila di Tomohon (Foto Suluttoday.com)

TOMOHON – Jajaran Pemerintahan Kota Tomohon menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dipimpin langsung Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dan bertindak selaku inspektur upacara dengan peserta segenap Aparatur Sipil Negara, tenaga kontrak maupun karyawan BUMD, (1/6-2017) di Lapangan Kantor Walikota Tomohon.

Dalam sambutan Presiden RI yang dibacakan oleh Wali Kota Tomohon bahwa Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal l Juni 1945 yang dipidatokan lr Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.

“Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara, sehingga bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita. Selain itu, harus diingat bahwa kodrat Bangsa Indonesia adalah keberagaman yang terdiri dari berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia atau yang biasa dikenal dengan Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Eman.

Disampaikan pula bahwa kondisi negara saat ini dalam berbangsa dan bernegara sedang mengalami tantangan atau kebinekaan dalam ujian.

“Olehnya itu, saya mengajak peran aktif para Ulama, Ustadz, Pendeta, Pastor, Bhiksu, Pedanda, Tokoh Masyarakat, Pendidik, Pelaku Seni, Pelaku Media, Jajaran Birokrasi, TNI dan POLRI serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila. Sekali lagi, jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan di antara kita dengan bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Karenanya dibutuhkan sikap saling bahu membahu, bergotong royong demi kemajuan lndonesia. Kita Indonesia, Kita Pancasila, semua anda Pancasila, Saya Indonesia, Saya Pancasila, Tomohon Tangguh,” tutup Eman. (Stevy)

iklan1
iklan1