Hebat, Realisasi Dandes Mitra Capai 90 Persen

Proyek pembangunan dari Dana Desa (Foto Suluttoday.com)

MITRA, Suluttoday.com – Getarannya hingga pelosok Negeri, cahayanya hinggga lembah yang dalam, itulah program dana desa yang adalah bagian Nawacita dimana membangun negeri dari pinggiran. Penggunaan dana desa tahun 2017 di Minahasa Tenggara (Mitra) sudah berjalan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari serapan dana desa yang cukup besar. Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Minahasa Tenggara Drs Joutje Wawointana, penyerapan dana desa mencapai 90 persen.

”Memang telah disampaikan kepada Camat dan Hukum Tua agar dipacu supaya para hukum tua secepatnya memasukan LPJ,” kata Wawointana, Senin (17/7/2017).

Penggunaan dana desa kata Wawointana telah tercantum dalam APBDes setiap tahunnya. Dan semua telah menerapkan Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskeudes). Dengan pola ini, semua program yang akan dilakukan oleh masing-masing desa telah masuk dalam program.

”Jadi penggunaan dana desa tersebut untuk pembangunan fisik, pemberdayaan, penyelenggara pemerintah desa dan pembinaan. Besaran penggunaan dana tersebut sesuai dengan kondisi masing-masing desa,” terang Wawointana.

Wawointana meminta para hukum tua untuk merampungkan LPJ pada bulan Juli ini, agar dana desa tahap dua pada Agustus nanti bisa diusulkan permintaan dana ke pemerintah pusat.

Papan proyek pembangunan (Foto Suluttoday.com)

”Jika sekitar 70 desa telah memasukan LPJ dana desa, maka Pemkab sudah bisa usul permintaan dana desa tahap dua,” jelas Wawointana.

Diketaui pada tahun 2017 ini, Pemkab Minahasa Tenggara telah mengalokasikan dana desa sebesar Rp103 miliar yang ditransfer langsung Pemerintah Pusat ke kas daerah. Dengan runcian masing masing desa menerima sekitar Rp 400 juta lebih untuk tahap pertama dan tahap kedua nanti berjumlah Rp.300 juta lebih sehingga total setiap desa akan menerima dandes tahun 2017 ini berjumlah Rp.700 juta lebih. (Jemmy k )

iklan1
iklan1