Wali Kota Manado jadi Irup pada Peringatan HUT Pramuka ke-56

Wali Kota GS Vicky Lumentut saat menyerahkan pataka kepada Rivo Sandehang, pembina Kwartir Cabang Pramuka Kota Manado (Foto Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Dalam apel besar Peringatan Hari Pramuka ke-56 tahun 2017, Wali Kota Manado DR GS Vicky Lumentut bertempat di lapangan Sparta Tikala Kota Manado bertindak sebagai inspektur upacara (Irup) membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adyaksa Dault.

Melalui sambutan tertulis, Kak Kwarnas mengatakan, pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada satya dan darma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka. Sekaligus sebagai pedoman sikap dan perilaku. Gerakan Pramuka merupakan penyatuan dari 60 organisasi kepanduan untuk dapat menjadi perekat bangsa.

Wali Kota GSVL saat diwawancarai wartawan (Foto Ist)

“Presiden Soekarno telah menyerahkan panji gerakan Pramuka kepada Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Ketua kwarnas gerakan Pramuka pada 14 Agustus 1961 itu berpesan bahwa gerakan Pramuka berfungsi membina dan memantapkan karakter kaum muda Indonesia. Pesan Bung Karno ketika itu, berusahalah sehebat-hebatnya untuk mengembangkan dan meluaskan gerakan kita,” ujar Kak Kwarnas seperti dibacakan Wali Kota Manado.

Wali Kota Manado disaat memakaikan Lencana (Foto Ist)

Akan tiba saatnya, lanjut Wali Kota bahwa suatu ketika setiap anak dan pemuda, baik mahasiswa di kota maupun yang menggembala kerbau di desa, dengan rasa bangga dan terhormat dapat menyatakan aku Pramuka Indonesia.

“Gerakan Pramuka menjadi rumah besar kita. Dan saya yakin, Pramuka dapat menyatukan bangsa ini ketika banyak pihak memiliki berbagai kepentingan lainnya. Potensi gerakan Pramuka sangat besar. Mimpi dan visi- misinya juga besar. Anggotanya tersebar di seluruh pelosok tanah air dan jaringan yang kuat dengan organisasi terstruktur secara otomatis,” kata Adyaksa yang juga mantan Menteri Pemuda dan Olahraga RI tersebut.

Wali Kota Palu saat memberikan cinderamata kepada Wali Kota GSVL (Foto Ist)

Upacara kali ini mengusung tema ‘Bekerja untuk Kaum Muda, Mewariskan yang Terbaik bagi Bangsa’, dikatakan Dault, Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda, berkarakter melalui berbagai kegiatan. Utamanya, menyiapkan generasi milenial untuk menjadi pemimpin terbaik bangsa.

Selain itu, Kak Kwarnas Gerakan Pramuka juga mengucapkan terima kasih kepada Gerakan Pramuka seluruh Indonesia termasuk Manado yang telah mengirimkan peserta untuk Raimuna ke-11 di Jakarta.

Foto bersama Wali Kota dan penerima penghargaan (Foto Ist)

“Saya sekalu ketua Gerakan Pramuka tetap berharap dukungan dari berbagai pihak kepada pemerintah. Kami berharap agar gerakan Pramuka selalu diberi ruang dan dukungan untuk dapat terus merealiasasikan visi-misi,” papar Adyaksa.

Menteri Luhut Panjaitan ketika sambutan (Foto Ist)

Wali Kota GSVL juga menyematkan lencana dan piagam penghargaan kepada peserta Raimuna Nasional dari kota Manado. Sementara Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Manado Drs Joshua Pangkerego menyerahkan cenderamata kepada Wali Kota GSVL.(*/Lipsus)

iklan1
iklan1