‘Manado Fiesta 2017’ Resmi Dibuka Mendagri, Wali Kota GSVL Dihujani Pujian

Wali Kota GSVL saat menyampaikan laporan (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Sabtu (2/9/2017), pemandangan yang begitu berbeda terlihat di sepanjang jalan Boulaverd, terutama disaat pembukaan festival ‘Manado Fiesta 2017’ di kawasan jalan Bolevard 2 Kecamatan Tuminting Kota Manado. Rangkaian acara yang dimulai dengan ajang karnaval Fish and Coral (FisCo) sebagai pembuka rangkaian kegiatan iven akbar berskala Internasional ini.

Saat menyampaikan laporan, Wali Kota GS Vicky Lumentut memaparkan bahwa pelaksanaan iven Manado Fiesta 2017 merupakan bagian dari upaya pemerintah Kota Manado dalam menerjemahkan visi pemerintah Republik Indonesia (RI), dan juga petunjuk Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey bersama Wakil Gubernur Steven Kandouw agar sektor pariwisata di Sulut terus digairahkan.

”Terima kasih atas support semua pihak, terutama Gubernur Sulawesi Utara dan Dirjen Otonomi Daerah, Pak Soni Sumarsono yang berkesempatan hadir dalam pembukaan ‘Manado Fiesta 2017’ ini, tentunya pemerintah Kota Manado bertekad menjadikan iven ini sebagai festival yang mendorong Manado dan Sulawesi Utara agar mendunia. Kita juga ikut mendatangkan ribuan wisatawan dari Tiongkok. Tahun depan Pemkot Manado akan membuat iven ini lebih hebat lagi,” kata Wali Kota yang akrab GSVL ini.

Sementara itu, Gubernur Sulut Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven, Gubernur memberikan apresiasi yang kepada Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan, dalam sambutannya. Kata, Gubernur yang juga mengajak seluruh warga Kota Manado agar menyukseskan iven pertama berskala Internasional di Kota Manado, Sulawesi Utara tersebut.

“Ini iven luar biasa, mari kita sukseskan secara bersama-sama. Terselenggaranya iven ‘Manado Fiesta 2017’ menandakan bahwa pemerintah Kota Manado serta masyarakat memiliki visi strategis menunjang program pariwisata. Selain itu, pemerintah Kota Manado dan masyarakat merupakan komponen yang cerdas yang mampu melirik potensi dan kebutuhan serta memanfaatkan peluang daerah Kota Manado, Wali Kota Manado dan Pak Wali Kota melakukan hal baik, sehingga itu saya patut mengapresiasi ini,” ucap Gubernur Olly.

Lanjut Gubernur menyentil soal manfaat ‘Manado Fiesta’ yang mengokohkan potensi kerukunan di Indonesia terlebih khusus mempererat kerukunan antar warga Sulut serta seluruh rakyat Indonesia. Gubernur pun berharap agar Manado dengan berbagai keragaman suku, agama, antar golongan tak pernah bosan memupuk kerukunan.

Diketuknya bambu bertanda Manado Fiesta 2017 resmi dimulai (Foto Suluttoday.com)

Selain itu, Presiden RI Jokowi melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo yang diwakili oleh Dirjen Otda Soni Sumarsono, mengatakan bahwa kegiatan ‘Manado Fiesta’ sesungguhnya sangat positif memajukan dan memperkenalkan potensi yang ada di Kota Manado kepada publik Internasional.

”Patut kita sukseskan iven spektakuler ini, karena dampak positif langsung dirasakan masyarakat Manado dan Sulawesi Utara tentunya, saya salut atas komitmen Pak Wali Kota Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan. Begitu pula kontribusi dari kegiatan ini akan juga dirasakan pemerintah pusat. Sambada (Selamat Bakudapa, red) bagi warga Sulawesi Utara. ‘Manado Fiesta’ ini patut kita sukseskan karena bertujuan mengenalkan Manado di tingkat dunia Intenasional, dan efeknya begitu positif bagi masyarakat. Pada kesempatan ini, saya ditugaskan Pak Mendagri untuk membuka iven Manado Fiesta 2017. Iven ini gagasan Cerdas dan Hebat,” kata Sumarsono yang juga mantan pejabat Gubernur Sulawesi Utara ini sembari menyampaikan ajakan ‘Mari Jo Ka Manado’.

Untuk diketahui, ‘Manado Fiesta’ akan berlangsung hingga tanggal 10 September 2017. Pada sesi pembukaan ini dihadiri Deputi Bidang Pengelolaan Insfrastruktur Kawasan Perbatasan Ir Rahmat Mokodongan, Kapolda Irjen Pol Drs Bambang Waskito, Konjen Philipina, Forkompinda Sulut, Wali Kota Kota Palu bersama Wakil Wali Kota Pasha Ungu, Wali Kota Jayapura, sejumlah kepala daerah Kabupaten/Kota, dan para undangan lainnya.(*/Amas)

iklan1
iklan1