Poli: Parpol Sebaiknya Mendaftar Lebih Awal

Rommy Poli saat berada di kantor KPU Manado (Foto Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Hingga memasuki hari ke-9 pendaftaran dan penyerahan syarat Partai Politik (Parpol) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado, baru dua Parpol yang resmi mendaftar. Keduanya adalah Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Masih minimnya Parpol yang mendaftar di awal waktu, akan berdampak kurang baik terhadap partai itu sendiri, terutama dalam keikutsertaanya sebagai calon peserta pemilu.

Seperti diungkapkan Koordinator Divisi Hukum KPU Manado, Rommy Poli. Suami tercinta dr. Arista Fransisca ini mengatakan, partai yang mendaftar di hari-hari terakhir akan mengalami kesulitan nantinya dalam melakukan perbaikan atau melengkapi kekurangan dalam dokumen persyaratan.

“Mereka akan dikejar waktu, apalagi bila dokumen-dokumen persyaratan yang dimasukkan belum memenuhi syarat sebagaimana yang diamanatkan UU dan PKPU,” ujar Poli.

Seperti diketahui, dua parpol yg telah mendaftar lebih dulu yakni Perindo dan PSI, masih dikembalikan berkasnya oleh KPU Manado untuk dilengkapi sampai batas akhir pendaftaran 16 Oktober. Alasan pengembalian karena dokumen yg dimasukkan ke KPU Manado tidak simetris dengan yang tertuang dalam aplikasi Sipol.

“Prinsipnya, jumlah anggota kepengurusan yang ada di Sipol, serta dokumen lain semisal KTP maupun KTA harus sama jumlahnya, tidak boleh berbeda,” pungkas Poli yg juga Pentolan Fakultas Hukum Unsrat. (*/Amas)

iklan1
iklan1
iklan1