Pacuan Kuda Piala Bupati Minahasa Bakal Spektakuler

Sedang berlangsungnya balap kuda

MANADO, Suluttoday.com – Tiga jenis perlombaan yakni pacuan kuda, roda sapi dan bendi dalam memperingati HUT Kabupaten Minahasa ke 589 tahun 2017 diperkirakan bakal berjalan spektakuler. Iven yang dilaksanakan Pengprov Pordasi Sulut dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa di Gelanggang Pacuan Kuda Tompaso, Sabtu (11/11/2017), bakal sengit guna memperebutkan Piala Bupati Minahasa.

Hasil barior draw, (4/11/2017) lalu, kuda pacu yang akan ikut sebanyak 65 ekor untuk berlaga di 11 kelas. Pada rapat pemantapan pelaksanaan yang dilaksanakan di Gelanggang Pacuan Kuda Rabu, 8 November 2017 lalu yang dipimpin ketua harian pelaksana James R Waani memintakan kepada para anggota panitia harus dibuat meriah dan menjadikan momen lomba pacuan kuda HUT Minahasa sebagai pesta rakyat. Iven inipun dijadikan ajang pemanasan jelang kejuaraan nasional Pordasi tahun depan.

“Diharapkan Anggota Panitia pelaksana khususnya para kepala wilayah kecamatan dan kepala desa yang ditunjuk oleh Bupati sebagai penanggung jawab Seksi untuk dapat menyiapkan perangkat pendukung lomba pacuan kuda, antara lain Umbul-umbul, kebersihan lokasi dan acaranya dibuat sebegitu meriah. Sehingga, masyarakat yang hadir banyak dan menikmati lomba pacuan kuda,” jelas James Waani.

Lomba pacuan kuda ini juga dapat mewujudkan Minahasa sebagai destinasi parawisata dibidang olahraga berkuda, yang sekaligus juga mendukung program Sulut Hebat dibawah kepemimpinan OD-SK. Para Camat dan Hukum Tua yang ditunjuk sebagai panitia pelaksana sepakat untuk memberikan hasil terbaik dalam pelaksanaan lomba pacuan kuda ini, khususnya di daerah kecamatan wilayah Kawangkoan, Tompaso, Langoan dan Sonder.

“Jadikan lomba pacuan kuda ini sebagai salah satu ajang pesta rakyat Minahasa dalam memperingati hari ulang tahun ke 589 tahun 2017,” imbau Waani.

Panitia pelaksana yang dipimpin langsung Vicky Kainage serta para Camat dan Hukum Tua melakukan pengecekan track pacuan, pemasangan umbul-umbul serta pembenahan halaman dan tribun. “Sesuai rencana kami, Jumat (10/11), gelanggang pacuan kuda sudah selesai pembenahan, sehingga pada hari pelaksanaan berjalan lancar dan sukses,” kata Vicky Kainage. (don)

iklan1
iklan1
iklan1