Penjual di Seputaran Kampus Unsrat, Perlu Ditata dengan Baik

Kantor Rektorat Unsrat (Foto Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Para penjual disekitar kampus Unsrat membidik mahasiswa sebagai pangsa pasar terbesar, terutama mahasiswa yang tinggal disekitar lingkungan kampus.bagi mahasiswa keberadaannya, sangat menguntungkan karena PKL tersebut memasarkan pemenuhan kebutuhan pokok seperti makan,minum,dengan harga yang relatif murah dan mudah diakses dari titik-titik aktifitas mahasiswa,kampus,dan pondokan (kost).

Harga ini menjadi dua kunci penting yang membuat mereka tetap dibutuhkan dan dicari-cari oleh mahasiswa keberadaan PKL disekitar kampus, ditinjau dari sisi arsitektur kota, cenderung menganggu estetika. Kesan semraut yang ditimbulkan tidak senang dipandang,apalagi mereka mengokupasi lahan-lahan kosong disekitar kampus secara ilegal. PKL seringkali juga menganggu ketertiban, karena pembeli berkendaraan yang datang biasanya memarkirkan kendaraannya dibadan jalan akibat keterbatasan tempat.

Kondisi ini akan berpotensi menimbulkan kemacetan lalulintas. Oleh karena itu untuk menyikapi persoalan PKL disekitar kampus, semestinya tidak perlu dengan diadakan sebuah penggusuran atas nama K3 (Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan). Disisi lain menegakkan peraturan, pengelola kota tidak dapat mengesampingkan segi sosiologis,yaitu perilaku masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan dasarnya.

Kota memang terbentuk dari perangkat keras seperti bangunan dan jalan.tetapi yang menghidupkan kota itu sendiri adalah manusia dengan segenap perilakunya.ada hubungan yang erat antara city (kota) dan citizen (warga) hubungan ini yang sering terlupakan. Hal terpenting yang perlu dilakukan adalah bagaimana mengakomodasi Pkl tersebut dalam konteks kebijakan publik.sehingga ditemukan adanya winwin solution. 

PKL-PKL yang tersebar disekitar kampus Unsrat jika dikelola dengan baik,bisa menjadi ikon menarik bagi kawasan sekitar kampus Unsrat sendiri. Sejauh ini Pemerintah kota manado apakah sudah ada kios untuk menampung pedagang PKL disekitar kampus Unsrat,di sepanjang jalan kampus, maka perlu dibarengi dengan manajerial yang baik.seperti penarikan retribusi untuk pengelolaan dan kebersihan kawasan PKL itu, serta penyediaan kantong parkir yang memadai.(Gheil).

iklan1
iklan1
iklan1