REINER OINTOE Beberkan Kriteria Ormas yang Layak Menjadi Pioner

Drs Reiner Omyet Ointoe (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Memang kini bukan eranya generasi muda untuk saling berkompetisi saja, namun lebih dari itu harus melakukan perpaduan gerakan atau ‘menyatukan’ potensi dalam sebuah kombinasi gerakan yang solid. Untuk mengformulasi gerakan Organisasi Masyarakat (Ormas) yang berpihak pada rakyat dan mendorong adanya pembangunan, Drs Reiner Omyet Ointoe, budayawan dan aktivis senior yang hadir dalam Forum Diskusi Ormas, LSM dan Organisasi Kepemudaan memberikan sejumlah resep untuk itu.

Menurut Bung Reiner, Ormas perlu menjadi pioner (terdepan), untuk menuju pada gerakan tersebut maka diperlukan fondasi atau dasar-dasar gerakan yang kuat yakni pentingnya membangun karakter (character building). Sehingga demikian, bila kaum muda dan aktivis Ormas telah memegang teguh apa yang disebut character building, maka aktivitas Ormas untuk melakukan pembangunan di daerah ini tidak akan melenceng dan mengarah pada kekuatan pembangunan.

”Dalam bergerak hari ini, berbagai Ormas dan Organisasi Kepemudaan punya rumusan gerak yang sering kali berbeda. Namun, yang penting diperhatikan ialah character building, inilah yang menjadi fondasi untuk menguatkan orientasi pembangunan di daerah yang kita cintai ini. Apalagi, Ormas merupakan garda terdepan pembangunan, sehingga untuk menjadi pioner diperlukan penguatan karakter,” ujar Reiner saat tampil sebagai narasumber di Hotel Aston Manado, Rabu (22/11/2017).

Sekedar diketahui yang hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Ketua LAKRI Sulawesi Utara, Moning Mamengko, S.IP, Sekretaris LMI Manado, Maxi Malonda, Sekretaris DPD KNPI Manado, Amas Mahmud, Ketua Umum HMI Cabang Manado, Ian Daulasi, pengurus GPII Sulawesi Utara, tokoh aktivis yang juga pengurus KNPI Sulawesi Utara, Djoko Sutrisno, Sekretaris HMI Cabang Manado, Nazar, serta para Lurah se-Kota Manado. (*/TimST)

iklan1
iklan1
iklan1