KNPI Manado Akan Laksanakan Christmas Fun Rally Kuatkan Manado Jadi Kota Toleran

Berlangsungnya rapat yang dipimpin Ketua DPD KNPI Manado (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Manado tak pernah diam dalam menyaksikan percepatan pembangunan dan menunjang upaya positif yang dilakukan Wali Kota Manado, Dr GS Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Manado, Mor Dominus Bastiaan, SE. Dari beragam kegiatan pelatihan, sosialisasi, edukasi, kegiatan sosial, pembinaa, dan kegiatan keagaman dilakukan, kali ini DPD KNPI Manado berencana menggelar kegiatan Christmas Fun Rally.

Menindaklanjuti hal itu, pengurus KNPI Manado langsung melaksanakan rapat, Rabu (22/11/2017) bertempat di Sekretariat DPD KNPI Sulawesi Utara (Sulut) KONI Sario Manado dan menetapkan drg Hizkia Sembel selaku Ketua Panitia pelaksana (OC). Dalam rapat tersebut, Ketua DPD KNPI Manado, Erick Kawatu, SE.,MM menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan memperkuat kerukunan, nilai toleransi dan dalam rangka momentum Natal di Bulan Desember 2017.

”Christmas Fun Rally KNPI Manado, bertujuan memantapkan Manado Kota sebagai Toleran Nasional yang juga bertepatan dengan perayaan Natal 2017, KNPI Manado akan menggelar event Christmas Fun Rally yang akan diikuti oleh sekitar 3.000 kendaraan. Peserta merupakan representasi dari 504 Lingkungan se-Kota Manado. Rally akan finish di Gunung Tumpa, memperebutkan Total hadiah Rp. 50 juta,” ujar Kawatu.

Lanjut disampaikannya lagi terkait sasaran yang akan dituju dari pelaksanaan rally tersebut. Selain itu, Erick menuturkan warga Manado atau khususnya peserta rally juga diperkenalkan tentang sejumlah spot pariwisata yang ada di Kota Manado. Keberadaan Kota Manado yang rukun dan damai, dikatakannya wajib terus dijaga seluruh komponen masyarakat.

”Sasaran kami selain menyemarakkan Natal, tetapi juga sebagai upaya kampanye tertib lalu lintas maupun taat administrasi kendaraan bermotor, mendorong peningkatan sektor pariwisata, menjaga Manado agar selalu aman. Disisi, lain melalui event akbar ini, ada pesan yang ingin disampaikan bahwa Kota Manado dan Sulawesi Utara merupakan daerah yang damai serta memiliki potensi pariwisata yang memukau,” kata Erick.

Yang hadir dalam rapat tersebut dinataranya, Sekretaris DPD KNPI Manado, Amas Mahmud, Bendahara KNPI Manado, Avner Tumengkol, unsur DPD KNPI Manado lainnya, juga hadir Ketua Panitia drg. Hizkia Sembel serta para penasehat yakni Drs. Danny Wattie dan Drs. Mantje Nelwan.

Sementara itu, sekedar diketahui, sesuai release Setara Institute mengeluarkan hasil penelitian Indeks Kota Toleran (IKT) tahun 2017 pada 94 dari 98 kota di Indonesia. Beberapa kota seperti Manado, Pematangsiantar, Salatiga, Singkawang menjadi 10 kota yang memiliki tingkat toleransi yang cukup tinggi. Kota lainnya itu seperti Tual, Binjai, Kotamobagu, Palu, Tebing Tinggi, dan Surakarta. Penelitian ini dilaksanakan mulai Oktober 2016 hingga September 2017.

Berkaitan dengan semangat KNPI Manado, Wali Kota Manado, Vicky Lumentut mengaku gembira dan kaget dengan adanya penilaian Manado Kota paling Toleran. GSVL begitu Lumentut akrab disapa menyampaikan rasa syukur bila akhirnya Manado ditempatkan sebagai Kota Paling Toleran, sehingga demikian GSVL mengajak masyarakat untuk terus menjaga kerukunan.

“Terus terang saja, saat mendapat kabar Kota Manado ditetapkan sebagai kota paling toleran di Indonesia, saya kaget. Karena selama ini tidak ada informasi kepada kami bahwa kota ini sedang dinilai. Tetapi, jika informasi ini benar, kita patut bersyukur, karena kita mampu menjaga keharmonisan dan kerukunan diantara seluruh warga Kota Manado yang berbeda suku, agama dan ras,” ujar Wali Kota GSVL kepada sejumlah wartawan, Rabu (22/11/2017).(*/Amas)

iklan1
iklan1
iklan1