Dialog Akhir Tahun PMI dan PM Sulut, Jaksa KPK Ungkap ‘Rahasia’ OTT

Foto bersama usai dialog (Foto Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – ”Semua yang dilakukan KPK itu berdasarkan aturan main. Kami melakukan Operasi Tangkap Tangan atau OTT secara pruden,” ujar Yadin, selaku Jaksa KPK yang hadir dalam Dialog Akhir Tahun yang dilaksanakan pengurus Pemuda Muslimin Indonesia (PMI) Sulawesi Utara (Sulut) dan Pemuda Muhammadiyah (PM) Sulut, Jumat (29/12/2017).

Penyampaian Yadin disampaikan saat dialog dengan tema: ‘Polemik OTT KPK, Strategi Ampuh Pemberantasan Korupsi’ yang dilaksanakan di Kantor DPRD Manado dihadiri sejumlah pegiat anti korupsi. Pengurus organisasi kepemudaan se-Sulawesi Utara, aktivis mahasiswa, para jurnalis pos liputan DPRD Manado (pengurus KPM), terpantau hadir pula pengurus Lesbumi NU Sulut, DPD KNPI Manado, LAKRI Manado dan para undangan lainnya. Kata Yadin yang juga alumnus Fakultas Hukum Unsrat angkatan 1998 ini bahwa dalam semua tindakan KPK jauh intervensi kepentingan tertentu.

”Harus diingat, KPK itu bergerak bukan karena faktor pesanan atau apapun namanya bersifat interst terntu. Kami bertindak sesuai aturan, karena KPK menilai berdasarkan pasal 11 dan pasal 12, dinatarnya. KPK tidak asal-asalan melakukan tangkap tangan terhadap seseorang, tapi harus ada dasar-dasarnya, menentukan kualifikasi peristiwa perbuatan, kualifikasi penyelenggara negara, kemudian melihat bagaimana dampak yang dapat ditimbulkan dari perbuatan suap tersebut. Selanjutnya, KPK dalam Operasi Tangkap Tangan tidak pernah melakukan penjebakan yang melanggar hak asasi manusia,” ucap Yadin.

Sebelumnya, dalam laporan Tim Kerja yang disampaikan Idam Malewa menuturkan terkait tujuan pelaksanan kegiatan yang dilaksanakan dua organisasi besar tersebut. Idam yang juga mantan Ketua Umum HMI Cabang Manado ini memberi apresiasi pada para narasumber yang hadir, kerja keras tim kerja dan para undangan. Idam berharap agar kedepan kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan guna memerangi praktek korupsi di Indonesia.

”Mewakili teman-teman Tim Kerja pelaksanaan Dialog Akhir Tahun yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun KPK KE-14 kami berharap kerja KPK terus kita beri support. Tidak hanya itu, kegiatan yang dipelopori pengurus Pemuda Muhammadiyah Sulawesi Utara dan Pemuda Muslimin Indonesia Sulawesi Utara ini setidaknya diharapkan menjadi pemicu untuk aktivis OKP agar bergerak bersama kita memberantas korupsi. Visi kemanusiaan ini patut terus didorong, kami manargetkan kedepan dialog untuk menyelamatkan Indonesia dari kejahatan korupsi ini terus kita kita laksanakan,” ujar Malewa.

Untuk diketahui Dialog Akhir Tahun yang digelar Pemuda Muslimin Indonesia Sulut dan Pemuda Muhammadiyah Sulut juga bekerja sama dengan Radar Manado, Suluttoday.com, KlikNews, dan LencaManado. Narasumber yang hadir diantaranya, Yadin dari Jaksa KPK, Dr Toar Palilingan pakar hukum dan akademisi Unsrat, Salman Saelangi, Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulut, dan Suryanto Muarif, Wakil Ketua Pemuda Muslimin Indonesia Sulut.(*/Amas)

iklan1
iklan1