Pemprov Sulut Resmikan Gereja Katolik di Melonguane

Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Steven Kandouw saat meresmikan Gereja (Foto Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu (20/1/2018) melakukan peresmian Gereja Katolik Paroki Santa Maria Ratu Damai di Melonguane Kabupaten Talaud. Peresmian dipimpin Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven O.E. Kandouw.

Kandouw melalui sambutan mengapresiasi pembangunan Gereja tersebut dan peresmian Gereja tersebut, Wakil Gubernur Sulut juga bangga kepada para jemaat Gereja yang begitu kompak sehingga mampu bersama-sama membangun Gereja yang megah di Talaud.

“Atas nama Gubernur Sulawesi Utara, saya memberikan apresiasi kepada umat Katolik di Kabupaten Kepulauan Talaud sehingga kita dapat menyaksikan bangunan Gereja yang megah ini,” ujar SK, begitu nama Kandouw sering disingkat.

Sebelum peresmian dari Wakil Gubernur Sulut, terlebih dahulu dilaksanakan pemberkatan gedung Gereja yang dipimpin Uskup Manado MGR. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC. Selain itu, Kandouw menyampaikan terkait fungsi Gereja yang mesti terus dipelihara jemaatnya.

“Gereja ini selain nilai nominal yang besa tetapi nilai intrinsiknya harus besar juga. Nilai bangunan ini nominalnya bisa mencapai miliaran rupiah. Sekarang, bagaimana nilai instrinsiknya? Artinya gereja ini juga harus menjadi sumber pengharapan, sumber sukacita, sumber damai sejahtera dan seumber kasih,” kata SK.

Mewakili Gubernur Olly Dondokambey, SE, Wakil Gubernur SK, menyerahkan bantuan uang senilai Rp 100 juta untuk melengkapi peralatan di Gereja Katolik Paroki Santa Maria Ratu Damai dan uang senilai Rp 50 juta untuk Germita Lungkangunaung Matahit yang terbakar belum lama ini.

Sementara itu, Uskup Manado MGR. Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC optimis gereja yang baru diresmikan itu semakin menguatkan iman umat Katolik.

“Semoga Rumah Allah ini akan senantiasa dipenuhi oleh umat yang berkehendak baik mempersatukan diri dengan Tuhan dan sesama umat agar gedung gereja ini dapat digunakan sesuai fungsinya sebagai Rumah Tuhan sebagaimana Yesus menyucikan Bait Allah,” ungkapnya. (*/TimST)s

iklan1
iklan1