Dinilai Lakukan Distorsi Sejarah, Kaukus Muda Halbar Warning Pemerintahan Danny-Zakir

Kordinator Kaukus Muda Halbar, Fahmi Albaar saat memberikan materi ke kader-kader HMI (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Pemerintah Daerah Halmahera (Halbar) telah berfikir ahistory terhadap penetapan Hari Lahir Kabupaten Halmahera Barat. Bahwa penetapan Hari Lahir (Harlah) Kabupaten Halbar pada tanggal 25 Februari 2003 adalah proses destruksi terhadap sejarah panjang Kabupaten Maluku Utara yang selanjutnya berganti nama menjadi Halmahera Barat pada tahun 2003, sesuai Undang-Undang No 1 Tahun 2003 Tentang Pemekaran Daerah.

Kalaupun demikian Pemda Halbar dibawah kepemimpinan Bupati Danny Missy dan Wakil Bupati Zakir Mando, sengaja menguburkan etape perjuangan panjang dan Tapak Tilas Pembentukan Kabupaten Halmahera Barat diantara Tahun 1950-2003. Pembentukan Kabupaten Maluku Utara adalah eks kolonial Belanda Molucas Noorte Residence sejak abad 19, terdiri dari 4 HPB (Hoofd van Plaat Bestuur), Jailolo, Tobelo, Batjan dan Sanana..yng membawahi district dibawah district ada Onder District.

Setelah merdeka jadi Rseiden MU dengan 4 KPS dan distrik uang dipimpin wedana dan Onder Distrik dipimpin Asisten Wedana, residen Malut dipimpin para sultan bergantian M. Djabir Sjah, Zainal Abidin Sjah dan Dede Oesman Sjah, lalu caretaker Soselisa pemimpin peralihan dari residen ke kabupaten pada akhir 1950an. Ternate pun jadi Kotapraja dengan Wali Kota Rustam Hafid dan Jan Westplat.

Bahwa idealnya pertimbangan Kesejarahan menjadi penting tanpa harus memisahkan bahkan mengamputasi Dasar Sejarah Kabupaten Maluku Utara Yang merupakan induk dari Kabupaten Pemekaran Sebagaimana UU No. 1 Tahun 2003.

Bahwa Halmahera Barat sebagai Kabupaten Pemindahan yang hanya berubah nama dari Kabupaten Maluku Utara ke Halmahera Barat yang tertuang pada Pasal 9 UU Nomor 1 tersebut, maka segala bentuk kesejarahan Pembentukan Kabupaten Maluku Utara menjadi sejarah yang tidak terpisahkan di tahun 1950.

Kami KAUKUS MUDA Halmahera Barat menegaskan bahwa Hari Lahir Kabupaten Halmahera Barat adalah bersamaan dengan tonggak awal kelahiran Kabupaten Maluku Utara di tahun 1950. [***]

Jailolo, 21 Februari 2018

_____________________________

FAHMI ALBAAR

KAUKUS MUDA HALMAHERA BARAT

iklan1
iklan1