Sunday Speaks: Di Tahun Politik, Waspadai Polarisasi yang Menggunakan Mitos Sejarah

Foto bersama usai diskusi bersama Roger Allan Christian Kembuan (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Season ke sepuluh Sunday Speaks kembali mengangkat tema yang menarik untuk diperbincangkan. Minggu (11/3/2018), bertempat di Kedai Kopi Gudang Imaji, Jalan Boulevard Samping Bank Sinarmas, pukul 16:15 WITA, gelaran mingguan dari kolaborasi beberapa komunitas di Manado ini menghadirkan Roger Allan Christian Kembuan, seorang peneliti sejarah Indonesia yang juga dosen di FIB Unsrat, sebagai pembicaranya.

Adapun tema yang diangkat, yakni: How Fictions Shape Our World; Myth and Reality in Indonesian History”. Tema ini diangkat dengan tujuan untuk memberi gambaran dekonstruktif kepada orang-orang terkait sejarah Indonesia baik nasional maupun lokal, dan bagaimana cara membaca sejarah tersebut agar senantiasa relevan dengan perubahan jaman.

“Tujuannya untuk menyadarkan. Sejarah melihat sesuatu di belakang untuk memahami yang sekarang dan yang akan datang,” ujar Roger dalam pemaparan materinya.

Landasan lain dibalik itu, yakni untuk menguatkan kembali cara pikir orang-orang, minimal bisa membedakan antara realitas sejarah dan ‘mitos’ dalam sejarah saat memasuki tahun politik dalam negeri. Sebagaimana hal yang mungkin lumrah di negeri ini kala memasuki tahun politik.

Mitos-mitos dalam sejarah seringkali kembali direproduksi, dihubung-hubungkan dan diserbarkan oleh mereka yang berkepentingan baik untuk melegitimasi aktor politik tertentu ataupun untuk meraup simpati orang-orang awam yang seringkali memandang sejarah tanpa sikap kritis.

“Hal yang riil dan hal yang mitos memang hampir tidak bisa lagi dibedakan di dalam nalar publik kita. Sehingga hal ini menjadi enak dibicarakan mengingat polarisasi di tengah masyarakat yang sering terjadi karena alasan-alasan sejarah. Apalagi ini tanggal 11 maret. Apalagi banyak Pilkada di tahun ini. Semuanya relavan. Saya bersyukur bisa mendengarkan materi luar biasa ini,” papar Pradi, Wasekum PTKP HMI Cabang Manado yang menjadi peserta diskusi.

Sejak pertama muncul, gelaran Sunday Speaks selalu menghadirkan tema-tema yang aktual secara global maupun nasional.

”Kita selalu menyesuaikan dengan perkembangan-perkembangan yang terjadi di dunia dan sebisa mungkin mengemasnya dalam konteks nasional dan lokal. Yang pasti, Sunday Speaks yang dimotori oleh Studi Alternatif, Kampung Literasi Sulut, dan komunitas-komunitas lainnya ini berkomitmen penuh untuk Bringing Science Closer to Society, memberi pemahaman secara lebih ilmiah kepada masyarakat terutama anak muda tentang berbagai fenomena yang sedang terjadi,” kata Munazar, salah satu penggagas Studi Alternatif sekaligus manajer konten Sunday Speaks. (*/wale)

iklan1
iklan1
iklan1