April, Sulut Banjir Lowker

Ilustrasi, warga saat mencari pekerjaan (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com -Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah senantiasa menjawab tantangan guna mengurangi angka pengangguran. Bahkan bulan depan, Dinas Tenaga dan Transmigrasi Daerah Sulawesi Utara sudah mempersiapkan iven khusus yang menjadi ajang pertemuan langsung pencari kerja dengan pemberi kerja seperti ditegaskan Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Lucky Taju kepada Suluttoday.com Kamis (22/03/2018).

Taju pun optimis jumlah lowongan kerja (lowker) dapat menyamai bahkan melebihi jumlah pada kegiatan yang sama tahun lalu. Saat ini tim Disnakertrans Sulawesi Utara tengah turun lapangan mendata perusahaan yang akan ambil bagian dalam job fair akhir April nanti.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri seperti dikutip dari situs resmi kementriab meminta pemerintah daerah (Pemda) memperbanyak penyelenggaraan bursa kerja (job fair) untuk mengurangi pengangguran di daerah.

Selain sebagai ajang pertemuan langsung pencari kerja dengan pemberi kerja tanpa diskriminasi, bursa kerja juga upaya mendukung program pemerintah menurunkan angka pengangguran. Selama ini angka pengangguran di Indonesia disebabkan beberapa hal.

Antara lain, pertumbuhan angkatan kerja tinggi, pertumbuhan kesempatan kerja masih rendah, pendayagunaan tenaga kerja yang masih sangat rendah, tingkat pendidikan dan produktifitas tenaga kerja yang masih relatif rendah dan penyebaran penduduk yang tidak merata.(Cat)

iklan1
iklan1