Tumundo, Kartini Jaman Now Dibalik Ketenagakerjaan Hebat

Ir Erny B Tumundo MSi (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Lewat bukunya yang kemudian hari diberi judul Habis Gelap Terbitlah Terang, Kartini menuangkan gagasan yang menyentikkan semangat pada kaum perempuan. Semangat yang disuntikkan Kartini ini menjadi penting mengingat banyakya penghalang bagi perempuan untuk merealisaskan potensinya dalam mencapai sesuatu atau menjadi pempimpin di bidangnya.

Meski secara potensi, perempuan tidak kalah dari laki-laki. Salah satu dari kaum hawa di Tanah Toar Lumimuut, gambaran semangat Kartini di jaman now begitu nampak dalam sosok yang kurun waktu beberapa terakhir ini bergelut memperjuangkan hak asasi manusia.

Era kepemimpinan Sinyo Sarundajang-Djouhari Kansil, Ir Erny B Tumundo MSi dipercayakan berjuang untuk pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Dimana setiap detiknya berupaya membela hak asasi manusia dari kesewenangan manusia. Dan di era kepemimpinan Olly Dondokambey-Steven Kandouw, dipundak istri tercinta dari mantan atlet serta birokrat Manado, Joppij Gontung ini digantungkan nasib para pekerja.

Mulai mengurusi upah dan hubungan antara pekerja/buruh dan pemberi kerja, kesehatan dan keselamatan di tempat kerja, lulusan SMA Negeri 3 Manado ini dituntut untuk berjuang membuka peluang kerja baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan semangat Kartini dalam emansipasi wanita, Tumundo tak gentar dan terua bekerja untuk membangun ketenagakerjaan Sulawesi Utara yang semakin hebat.(Cat)

iklan1
iklan1
iklan1
iklan1
iklan1
iklan1
iklan1
iklan1