Riskan, Pilrek Unsrat Diterpa Isue Money Politic

Dugaan money politic ancam Unsrat (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Perkembangan Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado terus diterpa isue yang makin memiriskan. Kali ini Aliansi Aktivis Mahasiswa Anti Korupsi (AMAK) Sulawesi Utara (Sulut) meminta Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) untuk meninjau kembali pemilihan Calon Rektor Unsrat Manado.

“Kami meminta Menrisrekdikti untuk meninjau kembali pemilihan rektor Unsrat, karena ada dugaan bahwa proses pemilihan syarat akan praktek monet politik,” ujar Ketua AMAK Sulut, Elias Saroa saat diwawancarai, Rabu (25/4/2018).

Lanjut Elias menyampaikan bahwa sebagai universitas unggulan di Sulut, Unsrat harusnya bebas dari money politik.

“Jika memang terjadi maka para guru-guru besar di kampus ini telah menghianati proses intelektual. Kami tegaskan sekali lagi bahwa Unsrat harus bebas dari segala suap ataupum money politik, apalagi dalam menentukan nakhoda baru Unsrat,” terang Elias.

Dugaan money politik dalam pemilihan rektor Unsrat juga ditanggapi oleh anggota DPRD Sulut Meiva Salindeho. Menurut Meiva jika memang ada bukti dugaan money politik maka silahkan dibawa ke DPRD Sulut.

“Iya, bila memang ada bukti silahkan bawa pada kami, dan kemudian kami akan melakukan investigasi dan akan memberi masukan kepads Menristekdikti,” ujar Meiva.

Berty A. Lumempouw pembina Gerakan Anti Korupsi (GAK) Sulut mengatakan jika memang ada dugaan money politik dalam proses pemilihan Unsrat maka ini akan menarik GAK untuk ikut bertindak.

“Kalau dugaan money politik itu benar maka akan menarik minat kami untuk menelusurinya, karena pada umumnya proses pemilihan rektor memang rentan dengan korupsi dan money politik,” kata dia.

Ketua Senat Unsrat Manado Prof. Jani Kusen ketika dikonfirmasi mengatakan pemilihan rektor sudah sesuai prosedur.

“Semuanya sudah sesuai prosedur, dan baru kali ini saya dengar tentang isu money politik. Tapi bisa kami pastikan bahwa semua masih sesuai aturannya,” tandasnya. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1
iklan1
iklan1
iklan1
iklan1
iklan1
iklan1