Pekerja Eks Freeport di SULUT Tuntut Menaker Dicopot

Demo para buruh di Sulut (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Puluhan karyawan eks PT Freeport di Papua asal Sulawesi Utara yang nasibnya digantung oleh perusahaan menuntut keadilan dan meminta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Hanif Dhakiri untuk dicopot dari jabatannya.

Hal tersebut disampaikan perwakilan Eks Karyawan PT Freeport saat menyampaikan sikap saat Peringatan Hari Buruh Internasional, Selasa (01/05/2018) di aula Mapalus Kantor Gubernur. Dihadapan Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, alasan pencopotan Menaker karena sangat memihak pada mantan perusahaan yang telah menelantarkan mereka. Sementara itu, dalam kegiatan Hari Buruh yang mengangkat tema May Day is Fun Day dihadiri oleh ratusan buruh/ pekerja dari beberapa organisasi yang ada.

Wagub dalam sambutannya mengatakan terharu dengan curahan hati yang disampaikan lewat puisi eks PT Freeport dan sangat berharap hal tersebut tak akan terjadi di Sulawesi Utara. Lebih lanjut Wagub menyatakan bahwa buruh di Sulawesi Utara memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik, sehingga pemerintah daerah berkomitmen dalam menetapkan upah minimum nomor 3 tertinggi di Indonesia, sembari mengingatkan jika ada perusahaan yang melanggar laporkan.

Ditegaskan Wagub bahwa tidak ada lagi eksplorasi buruh, namun harus sebanding dengan etos kerja. Terangkum dalam kegiatan tersebut ada aksi donor darah, pembagian sembako dan hadiah-hadiah menarik.(Cat)

iklan1
iklan1