Pekerja Sektor Informal Memiliki Hak Dilindungi Jamsos

Disnakertrans Sulut saat kegiatan (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Pemerintah telah berkomitmen dalam menjamin status para pekerja buruh maupun perusahaan, baik di sektor formal dan informal. Untuk mereka yang bekerja pada usaha ekonomi informal seperti mikro dengan modal kecil, menggunakan tekhnologi sederhana.

Menghasilkan barang dan jasa dengan kualitas relative rendah, tempat usaha tidak tetap, mobilitas tenaga kerja sangat banyak, kelangsungan usaha tidak terjamin, jam kerja tidak teratur seperti ditegaskan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Utara, Erny Tumundo mempunyai hak yang sama dengan yang bekerja di sektor formal.

Menurut Tumundo pekerja informal memiliki potensi yang sama dengan terkait dengan resiko kerja seperti kematian, kecelakaan, sakit, dan santunan dalam memasuki hari tua.

“Pekerja sektor informal memiliki hak dilindungi jamsos (Jaminan Sosial),” ujarnya saat membuka kegiatan Diseminasi Jaminan Sosial Nasional bagi Sektor Informal di salah satu hotel di Kota Manado Jumat (04/05/2018) sore.

Turut hadir serta memberikan materi Direktur Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kemnaker RI, Wahyu Widodo.(Cat)

iklan1
iklan1