Pengawas Tenaga Kerja Sulut Buktikan Kinerja Hebat

Sandy Kaunang SH (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Pengawas ketenagakerjaan tidak tidur dan diam, buktinya ratusan nota pemeriksaan telah dikeluarkan selang 4 bulan di awal tahun 2018. Hal ini disampaikan Kepala Disnakertrans Sulawesi Utara, Ir Erny B Tumundo MSi melalui Kepala Bidang Pengawasan Tenaga Kerja, Sandy Kaunang SH kepada media ini akhir pekan lalu.

Lebih lanjut, Kaunang menegaskan bahwa di kuartal pertama 2018, pihaknya menerima 202 surat terkait pengaduan ketenagakerjaan dan semua sudah ditindaklanjuti. Hasilnya dibeberkan Kaunang adalah 31 surat pembinaan pengawasan, 275 surat pengujian objek K3 dan 413 nota pemeriksaan telah dikeluarkan guna memperhatikan nasib pekerja atau buruh di tempat kerja masing-masing.

Bahkan sudah ada 9 SK penetapan usai melakukan pemeriksaan terhadap tindak penyimpangan/pelanggaran norma UU Ketenagakerjaan di sejumlah perusahaan yang dapat menimbulkan kerugian pada para buruh/pekerja. Perlu diketahui bahwa penetapan tertulis pegawai pengawas ketenagakerjaan atau SK Penetapan merupakan Keputusan Tata Usaha Negara yang bersifat konkret, individual, dan final yang menimbulkan akibat hukum bagi seseorang atau badan hukum perata sebagaimana diatur dalam Pasal 1 angka 9 UU 51/2009.

Sejumlah penjelasan Kaunang ini sekaligus memberikan informasi berharga bahwa Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara tidak tinggal diam dan membiarkan masalah ketenagakerjaan yang terjadi di daerah ini.(Cat)

iklan1
iklan1
iklan1
iklan1
iklan1
iklan1
iklan1
iklan1