Dinsos Sulut Gelar Ziarah Wisata Perekat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

dr Rinny Tamuntuan saat memimpin upacara saat ziarah (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Latar belakang pengenalan ziarah wisata karena nilai nilai kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial sebagai salah satu unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa yang harus ditumbuhkembangkan dihayati dan diamalkan dalam setiap sikap dan perilaku kehidupan sehari hari bagi segenap bangsa Indonesia.

Hal Ini diungkapkan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulut, dr Rinny Tamuntuan kepada media ini Kamis (17/05/2018). Lanjut Tamuntuan yang didampingi Kabid Joice Rukmini bahwa ziarah wisata siswa SD dan SMP saat ini, untuk memberikan pengertian bahwa pahlawan nasional adalah gelar yang diberikan kepada warga Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajah di wilayah NKRI yang gugur atau semasa hidupnya melakukan tindakan kepahlawanan dan menghasillan prestasi dan karya yang luar biasa nagi negara.

Suasana upacara di makam pahlawan Kairagi Manado (FOTO Ist)

Ditambahkan Tamuntuan, bahwa yang dimakamkan di taman makan pahlawan nasional berdasarkan UU Nomor 20 tahun 2009 yakni taman makam pahlawan diperuntukkan bagi pahlawan dan pejuang yang memenuhi syarat tertentu, dimana ini sebagai penghormatan dan penghargaan terhadap jasa para pahlawan dan meraka yang berjasa, selain itu sebagai sarana pelestarian nilai nilai kepahlawanan termasuk objek studi dan ziarah wisata.

Tamuntuan pun mewakili Gubernur dan Wagub memberikan apresiasi kepada sekolah termasuk murid dan guru yang merespon kegiatan yang baik ini. (Cat)

iklan1
iklan1