Bapenda Sulut Telusuri Sumber PAD di PT PGE Lahendong

Bapeda Sulut ketika turun lapangan (FOTO Ist)

LAHENDONG, Suluttoday.com – Dalam rangka Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah di Provinsi Sulut, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) selaku Koordinator Pendapatan Daerah, melakukan monitoring evaluasi Dana Bagi Hasil (DBH) Minerba Panas Bumi terhadap PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), di Kota Tomohon.

Tim yang dipimpin langsung oleh Kepala Bapenda Sulut, Olvie Atteng SE, M.Si belum lama ini melakukan prediksi pendapatan, dan mencari jenis penerimaan yang merupakan kewenangan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Tim yang bersama Staf Khusus Gubernur Bidang Kehutanan, DR Jhon Tasirin, Staf Ahli Pendapatan, dan Pemda Minahasa, Pemkot Tomohon serta Dinas ESDM Sulut juga meneliti sistem penjualan dan pendapatan dari produksi yang dihasilkan oleh PT PGE terkait Uap dan Listrik yang nantinya menjadi DBH PNBP.

Atteng mengatakan bahwa dengan adanya data yang valid dari sumber PAD, akan menjadi bahan untuk proses penganggaran sesuai dengan program Korsupgah (KPK), terkait pemanfaatan Sumber Daya Alam, yang harus mengikuti mekanisme yang ada dan penggunaan air permukaan (PAP), serta Pajak Alat Berat.  Tim diterima oleh PJS GM PGE, Ahmad Dani juga berkesempatan penelusuran teknis ke lokasi Panas Bumi PGE Area Lahendong di Tompaso.(*/Cat)

iklan1
iklan1