BLK Bitung Bantu Pengembangan Usaha Catering di Minahasa

Pelatihan Kewirausahaan (FOTO Suluttoday.com)

TONDANO, Suluttoday.com – Selama 5 hari, UPTD Balai Pelatihan Tenaga Kerja atau lebih dikenal dengan BLK Bitung Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Utara membantu pengembangan wirausaha sektor jasa makanan di Kabupaten Minahasa.

Dijelaskan Kepala BLK Bitung, Rahel Ruth Rotinsulu SSTP MSi kepada media ini Rabu (06/06/2018) bahwa kegiatan dilangsungkan di 2 lokasi yang pertama di Desa Rerewoken Tondano dan di Kopiwangker Langowan. Di dua lokasi tersebut masing-masing 25 peserta dibekali instruktur soal kewirausahaan Catering jelas Rotinsulu. Lebih lanjut mantan juru bicara Pemkot Bitung ini mengatakan bahwa peserta tak hanya dibekali materi pengembangan usaha tapi juga diberikan bantuan peralatan.

Rotinsulu menambahkan bahwa pengembangan kewirausahaan di pedesaan merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Propinsi Sulawesi Utara dalam pemerataan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat yang terangkum dalam Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan.

Terlebih sejak ditetapkannya Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang desa, setiap desa memiliki jaminan untuk mengatur dan mengelola sendiri wilayahnya. UU ini memberikan mandat bagi pemerintah untuk mengalokasikan dana desa. Sesuai Permendes Nomor 19 tahun 2017, dana ini diprioritaskan untuk mendorong pembangunan dan pemberdayaan masyarakat perdesaan.

Situasi saat berlangsungnya pelatihan (FOTO Suluttoday.com)

Berdasarkan informasi dari Buku Pintar Dana Desa yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan, pada tahun  2016, 87.7 % dana desa digunakan untuk pembangunan fisik, sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat hanya sebesar 6,8%, dan sisanya untuk penyelenggaraan pemerintahan dan pembinaan kemasyarakat.

Selain untuk pembangunan fisik, pemanfaatan dana ini seharusnya dapat mendorong pemberdayaan potensi lokal untuk mewujudkan kesejahteraan di kawasan perdesaan. Upaya pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan melalui pengembangan kewirausahaan perdesaan. Ini menjadi penting karena bukan hanya memberikan keuntungan bagi pelaku usaha, namun juga mendorong keberlanjutan kesejahteraan perdesaan.(Cat)

iklan1
iklan1