Gumalag Ajak Masyarakat Budayakan Mudik Tanpa Sampah

Marly Gumalag (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Sulawesi Utara, Marly Gumalag meminta dan mengajak masyarakat membudidayakan tak sembarangan membuang sampah. Gumalag kepada awak media Sabtu (09/06/2018) menandaskan bertepatan dengan adanya arus mudik Hari Raya Idul Fitri diharapkan adanya kesadaran masyarakat untuk tidak disejumlah lokasi fasilitas umum (pompa bensin, rumah makan dan rest area) di jalur mudik.

Untuk itu, Gumalag menjelaskan berdasarkan surat edaran dari kementerian kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut agar mendukung program mudik tanpa sampah. Menurutnya, program kementerian ini dilatarbelakangi kampanye Nasional “Kendalikan Sampah Plastik” yang dapat berdampak pada meningkatnya timbunan sampah maka dipandang perlu mendorong dan melaksanakan mudik.

Tanpa sampah sebagai salah satu wujud implementasi program pengurangan dan penanganan sampah tentunya diperlukan keterlibatan masyarakat yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Lanjut Gumalag, ini dimaksudkan agar pengurangan dan penanganan sampah selama berlangsungnya arus mudik Hari Raya Idul Fitri dapat dilaksanakan dengan kesadaran masyarakat. Gumalag pun menghimbau dan mengajak masyarakat untuk memakai peralatan makan dan minum yang dapat diguna ulang (membawa kotak makanan, sendok, garpu dan tempat air minum).

Serta menghindari peralatan/wadah sekali pakai (seperti kantong plastik kresek, makanan dan air minum kemasan plastik); menyediakan sarana dan prasarana persampahan, seperti tong sampah terpilah di lokasi fasilitas umum di jalur mudik; serta melaksanakan pengumpulan, pengangkutan sampah di jalur mudik dan daerah penyangganya; dan menyediakan unit khusus di lapangan yang menangani sampah sekaligus sebagai tempat edukasi untuk pengurangan sampah plastik.(Cat)

iklan1
iklan1