MANADO di Usia 395, GSVL: Kota Paling Toleran, Kita Harus Menjaga Kerukunan

Suasana berlangsungnya upacara HUT Kota Manado (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Manado ke-395 tahun tepatnya, Sabtu (14/7/2018) melahirkan berbagai apresiasi warganya. Pada momen, upacara bendera di lapangan Sparta Tikala Manado, DR Vicky Lumentut selaku Wali Kota Manado bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Melalui sambutannya, Wali Kota Vicky Lumentut menegaskan berbagai penghargaan dari keberhasilan program Pemerintah Kota (Pemkot) Manado yang dicapai, semata-mata karena dukungan masyarakat.

“Dalam perayaan Hari Ulang Tahun ke-395 Kota Manado pada tahun 2018 ini, kita bersyukur karena berhasil mendapat penghargaan serta capaian penilaian tertinggi atas berbagai program kerja yang kita laksanakan. Ini semua boleh kita capai bersama atas dukungan dari masyarakat Kota Manado,” ujar Vicky yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Utara ini.

Terkait pengakuan terhadap eksistensi Kota Manado sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia, Wali Kota Vicky Lumentut menegaskan penghargaan menjadi tantangan untuk mempertahankannya.

Wali Kota Vicky Lumentut saat memberikan penghargaan kepada pegawainya (FOTO Ist)

“Penghargaan sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia ini menjadi tantangan bagi kita semua untuk bisa mempertahankannya. Perlu keterlibatan kita semua, yang dimulai dari diri sendiri dan keluarga, kemudian lingkungan dan seterusnya sampai ke tingkat kota. Kita harus mampu menjaga dan memelihara Kota Manado sebagai kota yang aman dan rukun,” kata Wali Kota Manado dua periode ini.

HUT ke-395 Kota Manado tahun 2018 ini mengkat tema: Manado Cerdas Manado Rukun, untuk menggambarkan kondisi Kota Manado sekarang ini. Usai upacara yang melibatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) dilingkup Pemkot Manado, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) serta Tentara Nasional Indonesia (TNI), pelajar dan mahasiswa.

DR Vicky Lumentut saat diwawancarai wartawan (FOTO Ist)

Wali Kota GSVL begitu sapaan akrab Vicky Lumentut, bersama Wakil Wali Kota Mor Dominus Bastiaan, SE dan Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado Drs Rum Usulu, menyerahkan Satya Lencana Karya Satya kepada beberapa ASN. Selain itu, pemberian penghargaan kepada mereka yang berprestasi. Kemudian, acara dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Manado di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado dipimpin Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone. Dan ditutup di Taman Kesatuan Bangsa (TKB) pusat kota, dengan sejumlah atraksi dan pesta kembang api.

Tampak hadir dalam acara tersebut Asisten III Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yang juga Kepala Inspektorat Sulut Praseno Hadi mewakili Gubernur Olly Dondokambey SE, serta berbagai unsur dan stakeholder di Kota Manado.

Berlangsungnya rapat paripurna DPRD Kota Manado (FOTO Ist)

Dalam rangkaian Rapat Paripurna Istimewa tersebut dilakukan pemasangan lilin ulang tahun oleh Walikota Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan.

Berjalan lancar, upacara tersebut dihadiri pula Wakil Wali Kota Mor Bastiaan, Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone dan anggota DPRD Manado, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA bersama Wakil Ketua Imelda Bastiaan Markus SE dan jajaran pengurus TP-PKK Manado.

Hadir pula unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Manado, Forum kerukunan Umat Beragama (FKUB), Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA), Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) serta tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kota Manado.(*/Redaksi)

iklan1
iklan1