Fernando Salu, Mantan Napi yang Ikut Caleg di Partai Hanura Optimis Menang

Ketua DPD Partai Hanura Sulut, Jackson Kumaat (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Seperti penegasan dalam Undang-Undang Pemilihan Umum (Pemilu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) menganjurkan agar para calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mematuhi segala ketentuan perundang-undanagn yang berlaku.

Sebagai syarat menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg), diantaranya menyampaikan pengumuman atau mempublikasikan di media massa bagi para mantan Nara Pidana (Napi) untuk kasus tertentu. Salah satunya ialah seperti yang dilakukan Fernando Belry Salu, pernah menjadi hukuman 7 tahun dan kini mendaftar sebagai Caleg di Daerah Pemilihan (Dapil) Wenang-Wanea untuk DPRD Kota Manado.

Saat ditemui di Sekretariat DPD Partai Hanura Sulawesi Utara (Sulut), Fernando menyampaikan terkait apa yang telah dijalaninya selama beberapa tahun lalu. Sebagai kepatuhannya terhadap hukum yang berlaku, ia menyampaikan tekadanya untuk maju bertarung di untuk menjadi anggota DPRD Manado dari DPC Partai Hanura Kota Manado.

‘’Saya secara terbuka menyampaikan ke public bahwa pernah menjalani hukuman karena kealpaan ringan, dihukum penjara selama 7 tahun,’’ ujar Nando sapaan akrab Salu yang tinggal di Kelurahan Mahakeret Barat Kecamatan Wenang Kota Manado itu, Senin (16/7/2018) sambil menambahkan bahwa dirinya optimis menang di Pilcaleg tahun 2019 mendatang.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Hanura Sulut, Jackson A.W Kumaat SE.,SH menambahkan kalau pihaknya telah bersiap mendaftarkan seluruh Calegnya ke KPU Sulut. Jackson optimis akan meraih target politiknya, tidak hanya itu, Jackson menyentil soal para Caleg yang mantan Napi agar dipilih masyarakat.

‘’Kita prinsipnya sudah siap memasukkan line up Caleg ke KPU Sulut, semua sudah siap. Kita mengikuti aturan main yang ada, dimana di SILON KPU hanya DPD Partai Hanura Sulut dibawa kepempinan saya dan Sekretaris Bung Baso Affandi yang sah serta diakui KPU. Untuk Caleg mantan Napi, sesuai mekanisme kita mengikuti ketentuan KPU, semua sedang berjalan lancar,’’ tutur Jackson. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1