WASI Pilih Manado Jadi Tuan Rumah Kegiatan Penyelaman Massal

Suana konfrensi pers, Ketum WASI saat memberikan penjelasan terkait kegiatan (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Tak hanya memberi perhatian pada urusan menyelam semata, tapi lebih dari itu Wanita Selam Indonesia (WASI) juga peduli pada eksistensi dan keindahan laut, merawat semangat cinta tanah air dan membangun jiwa Nasionalisme sebagai anak bangsa.

Hal ini tercermin dalam kegiatan yang akan dilaksanakan WASI melalui penghargaan Rekor (Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan lomba ”Penyelaman Massal oleh Penyelam Wanita dan Pembentangan Bendera Merah Putih Terpanjang di Indonesia”. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI).

Dalam konfrensi pers di Wahaha Kawasan Megamas Kota Manado, Sabtu (21/7/2018), Ketua Umum WASI, Ny Tri Tito Karnavian menyampaikan soal tujuan dilaksanakannya kegiatan ini. Selain itu, istri tercinta Kapolri Jenderal Polisi Prof Drs H. Muhammad Tito Karnavian, MA.,PhD mengharapkan agar iven ini menjadi kecil dari kontribusinya kepada wanita Indonesia, dan khususnya warga Manado Provinsi Sulawesi Utara.

”Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018, kemudian kita akan menggalakkan olahraga menyelam di kalangan wanita dan masyarakat umum. WASI kegiatan ini bertujuan mempromosikan destinasi wisata bawah laut Indonesia, kita pun turut melestarikan keindahan alam dibawah laut. Saya berharap ini menjadi kontribusi kita untuk perempuan Indonesia dan Manado pada khususnya,” ujar Ny Tri.

Tak hanya itu, Ny Tri juga mengajak masyarakat menyukseskan iven tersebut. Ia menilai WASI akan membangun interaksi yang harmonis diantara kaum perempuan Indonesia, mendukung pemerintah Indonesia dalam menjaga bangsa yang Bhinake Tunggal Ika.

Hal senada juga ditambahkan Wakil Ketua Bidang Rekrutmen, Ny Ruthie Bambang Waskito yang berkaitan dengan tempat dan pelaksanaan kegiatan. Selanjutnya, Ny Ruthie mengungkap bahwa perempuan Indonesia cukup antusias dengan kegian ini, buktinya dari penerimaan calon peserta dari yang ditetapkan panitia ternyata mengalami peningkatan jumlah.

Foto bersama setelah konfrensi pers (FOTO Suluttoday.com)

”Kegiatan dipusatkan di pantai Manado Kawasan Megamas, tanggal 10-11 Agustus 2018. Peserta yang sudah mendaftar kurang lebih 908 orang, yang terdiri dari kalangan Profesional, Organisasi Wanita, Komunitas Selam, Perorangan dan Orang Asing. Selain itu, masing-masing peserta adalah mereka yang telah berpengalaman dengan mengantongi sertifikasi,” kata istri tercinta Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Drs Bambang Waskito ini tegas.

Untuk diketahui persyaratan peserta diantaranya:

  1. Wanita, sehat jasmani dan rohani
  2. Berlisensi selam minimal open water
  3. Menandatangani Liability Released Form (jik dibawah 17 tahun harus ada persetujuan orang tua).
  4. Melakukan refresh dive minimal sebulan sebelum penyelenggaraan

Selanjutnya, panitia menyiapkan safety divers minimal bersertifikat rescue divers untuk mengawasi peserta dan mengamankan jalannya acara. Panitia didukung Tim Medis dan Search And Rescue (SAR) yang berpengalaman, sehingga berjalannya kegiatan sesuai zero acctident.

Lampiran nama-nama panitia (FOTO Suluttoday.com)

Berikut kami sampaikan juga susunan panitia.

1. Penasehat Utama : Menko BI Kemaritiman RI, Luhut Binsar Pandjaitan dan Kapolri Jend Pol Tito Karnavian

2. Penasehat Harian : Kakor Polairud, Irjen Pol Drs Chairul Noor Alamsyah, SH.,MH, Kakor Brimod, Irjen Pol Drs Rudy Sufahriandi.

3. Pelindung : Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE dan Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Bambang Waskito

4. Pembina : Ketua Umum, Pertiwi Ny Nani Hadu Tjahjanto dan Ketua Umum Bhayangkari Ny Tri Tito Karnavian

5. Penanggung Jawab : Ketua Umum POSSI, Mayjen TNI (Purn) Buyung Lalana, SE, Kapolda Bali Irjen Pol DR Petrus Golose

6. Pengawas : Ketua POSSI Sulut, Gregorius Tonny Rawung, SE

7. Ketua : Ny Tri Tito Karnavian

8. Wakul Ketua I (Bidang Penyelenggaraan) : Ny Luly Rudy Sufahriadi

9. Wakil Ketua II (Bidang Rekrutmen) : Ny Ruthie Bambang Waskito

10. Sekretaris : Ny Fitri Idham Azis

11. Bendagara : Ny Sintha Istiono. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1