Bawang Putih Jadi Target Pengembangan Pertanian Sulut

Penanaman bawang putih akan dikembangkan di Sulut (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Potensi dan motivasi yang dibangun Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Olly Dondokambey untuk sulut hebat semakin terasa,  dimana dalam bidang pertanian akan ada pengembangan bawang putih di beberapa wilayah, sesuai dengan hasil kunjungan kementerian yang melihat potensi itu sangat baik di daerah nyiur melambai ini.  Hal ini diungkapkan Kadistanak Provinsi Sulut Novly Wowiling MSi,  Senin (23/07/2018).

Lanjut Wowiling,  pengembangan potensi bawang putih ini dianggarkan lewat APBN,  bahkan sektor swasta pun melirik potensi ini,  sehingga dengan adanya kesempatan dan peluang lewat terobosan ini,  Distanak Sulut menangkap peluang ini untuk pengembangannya ditargetkan wilayah Bolaang Mongondow,  Minsel dan Minahasa.

Wowiling pun menyatakan saat ini Distanak dalam triwulan ketiga menargetkan dan berupaya realisasi anggaran akan semakin baik sesuai target yang telah ditetapkan baik APBD dan APBN,  sementara sisi program dan kegiatan tentunya mendorong peningkatan kesejahteraan diukur dari nilai tukar petani yang dalam evaluasi BPS ada kenaikkan,  dengan dibantu program mekanisasi pertanian menggunakan alat dan mesin pada proses pengolahan  budidaya.

Ditambahkannya pula,  namun selain kesejahteraan juga peningkatan produksi komoditas strategis seperti tanaman pangan yakni padi jagung dan kedelai  termasuk barito supaya masyarakat dimudahkan dengan ketersediaan komoditi ini. (Cat)

iklan1
iklan1