Pengusaha dan Serikat Pekerja Kurang Perhatikan Negosiasi Hubungan Industrial

Peserta yang minum dan kurang antusias untuk menghadiri kegiatan (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Utara, Ir Erny B Tumundo MSi memandang penting hal bernegosiasi bagi kelangsungan hubungan industrial. Namun saat kegiatan pelatihan Ketrampilan Bernegosiasi dalam Hubungan Industrial di salah satu hotel di Kota Manado Senin (23/07/2018), Tumundo agak kecewa dengan kehadiran pengusaha dan serikat pekerja yang minim.

Pasalnya, Tumundo mengatakan bahwa ketrampilan bernegosiasi dalam hubungan industrial sangat mempengaruh terhadap angka pengangguran dan sangat bertolak belakang dengan tekad pemerintah Sulawesi Utara, ODSK. Tumundo yang membuka kegiatan tersebut menilai bahwa tema pertemuan mungkin sudah dipandang enteng oleh pemberi kerja dan serikat pekerja.

Padahal di dalam hubungan industrial pemerintah berharap bisa terselesaikan dengan bipartit yaitu penyelesaian masalah dengan melibatkan perusahaan dan pekerja yang terkadang dibantu serikat.

Tumundo bersama instansinya yang terus berupaya mendukung program operasi daerah selesaikan kemiskinan dengan mengurangi jumlah tenaga kerja produktif namun tak memiliki pekerjaan, berharap seberapa yang ada bisa memanfaatkan kesempatan tersebut demi sektor ketenagakerjaan Sulawesi Utara yang semakin hebat.(Cat)

iklan1
iklan1