Program Transmigrasi Masih Jadi PR Pemerintah yang Berkelanjutan

Kegiatan rapat evaluasi (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Program transmigrasi harus menyentuh dan dipahami oleh instansi di kabupaten dan kota, karena masih ada permasalahan yang harus diselesaikan dengan sejumlah sidang terkait lokasi transmigrasi.

Hal tersebut diungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Utara, Ir Erny Bhayangkarita Tumundo MSi saat Rapat Evaluasi Lokasi Ijin Prinsip Pelepasan Kawasan Hutan 2018 Program Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Pemukiman Transmigrasi di salah satu hotel di Kota Manado Selasa (31/07/2018). Tumundo mengharapkan rapat tersebut dapat menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) pemerintah yang masih terus berkelanjutan.

“Jangan tinggalkan PR bagi pemimpin dikemudian hari,” ujar Tumundo.

Tumundo mengatakan bahwa penempatan transmigrasi di tahun 1970 hingga kini masih menyisakan banyak masalah yang harus diselesaikan pemerintah. Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh narasumber Kasie Pengurusan Tanah, Cut Fadhila Kementerian Desa PDT dan BPN.

Menurut bahwa ada ratusan lokasi di Indonesia sudah dilakukan pelepasan kawasan hutan sebagai bagian penyelesaian PR pemerintah. Dan diakui Fadhila bahwa kelalaian dari penyelenggara transmigrasi dahulu banyak lokasi yang tumpang tindih tanpa melihat ruang lingkup yang diperuntukkan bagi kawasan hutan dan diharapkan sejalan dengan rapat evaluasi ini bisa mendapatkan informasi guna mencapai solusi serta tidak menyusahkan masyarakat di lokasi transmigrasi.(Cat)

iklan1
iklan1