1.662 Pencaker Difasilitasi Disnakertrans Sulut

Job fair (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Pelaksanaan pameran kesempatan kerja (Job Fair) berakhir sudah dan sebanyak 1.662 pencaker berhasil difasilitasi Disnakertrans Sulut untuk bertemu langsung dengan pemberi kerja.

“Yang terdaftar dan terverifikasi secara online maupun offline sebanyak 1.662 pencari kerja (pencaker) di dua hari pelaksanaan job fair di IT Center,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulut, Ir Erny B Tumundo MSi kepada media ini Kamis (06/09/2018) malam usai menutup rangkaian kegiatan tersebut.

Ditegaskan Tumundo, jumlah ini agak jauh dari jumlah lowongan pekerjaan yang di sediakan oleh 45 perusahaan sebagai pemberi kerja.

“Walaupun jumlah yang terdaftar dan datang ke Job Fair mencapai ribuan orang tapi masih banyak lagi lowongan pekerjaan yang disediakan,” kata Tumundo yang didampingi Kepala Bidang Binapenta dan Sekretaris Dinas, Grace Bukara.

Lebih lanjut Tumundo menegaskan bahwa pihaknya akan membuka kegiatan serupa di lokasi pameran pembangunan di Kayuwatu Manado dalam waktu dekat.

“Bagi yang belum sempat di job fair di IT Center jangan kecewa karena, kami sudah menyiapkan kegiatan serupa di pameran pembangunan dalam rangka HUT Sulawesi Utara ke-54 di Kayuwatu dalam waktu dekat ini,” tegasnya sembari berharap sejumlah perusahaan yang ikut job fair juga turut serta dalam kegiatan berikut.

Tumundo pun memberikan apresiasi kepada puluhan perusahaan yang telah mendukung program ODSK. Sementara itu, beberapa pencaker yang sempat diwawancarai pernah mengikuti kegiatan yang sama di awal tahun. Mereka mengaku mengikuti kegiatan tersebut karena saat kegiatan yang lalu belum menemukan posisi yang pas.

“Belum pas, jadi ikut lagi,” ujar mereka.

Ada juga yang sudah dipanggil pada kesempatan pertama namun terganjal masalah upah. “Sudah pernah dipanggil, namun tidak sesuai dengan UMP jadi terpaksa saya tolak, dan mudah-mudahan kali ini sesuai dengan harapan saya,” ungkap pencari kerja asal Provinsi Gorontalo yang meminta namanya tidak dipublikasikan.

Lebih lanjut, kegiatan dalam mendukung program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan ini dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Sulut, Edison Humiang. Mantan Sekot Bitung ini meminta masyarakat yang belum memiliki pekerjaan untuk memanfaatkan kesempatan berharga bagi peningkatan kesejahteraan.

Humiang pun mengatasnamakan Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey mengapresiasikan kinerja hebat dari Erny Tumundo beserta jajaran Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam mengentaskan kemiskinan melalui pengurangan jumlah pengangguran terbuka.(Cat)

iklan1
iklan1