Sekdakot Manado Ajak Perangkat Daerah Optimalkan Pengelolaan Aset

Sekdakot Peter Assa saat membuka kegiatan sosialisasi (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Upaya pemerintah Kota Manado untuk melakukan perbaikan pembangunan dalam seluruh dimensi makin intens dilakukan. Rabu (12/9/2018), melalui Pejabat Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Manado, DR Peter KB Assa, Wali Kota Manado, DR GS Vicky Lumentut membuka acara Sosialisasi Penatausahaan dan Pengelolaan Aset Tetap pemerintah Kota Manado.

Assa menyampaikan agar para pimpinan Perangkat Daerah (PD) memaksimalkan kerjanya, karena visi Manado sebagai Kota Cerdas harus dapat diaktualisasikan dalam semangat yang konkrit. Hal demikian perlu mengilhami PD untuk memperhatikan pengelolaan aset.

“Sebagai salah satu indikator kota Cerdas adalah tertib administrasi, dalam hal ini penatausahaan aset Daerah dan pengelolaan aset tetap yang harus memahami dasar hukum,” kata Vicky Lumentut sebagaimana disampaikan Assa, di ruang Toar Lumimuut (Tolu), Kantor Walikota Manado.

Wali Kota juga menambahkan bahwa sosialisasi yang digagas Inspektorat Kota Manado tersebut sangat penting untuk diikuti, agar Perangkat Daerah terhindar dari temuan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Sosialisasi ini penting untuk mempermudah, memberikan petunjuk teknis sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku sehingga tidak akan ada temuan untuk pemeriksaan BPK tahun depan,” tandas Walikota Vicky Lumentut.

Lanjutnya lagi, yang bertanggungjawab terhadap aset adalah Perangkat Daerah masing-masing-masing dan harus berkoordinasi dengan Inspektorat. Pemerintah Kota Manado dalam hal ini punya target yang harus direalisasikan secara bersama atas kerja kolektif semua stakeholder terkait.

“Wali Kota dan Wakil Wali Kota meminta bantuan pihak ketiga dalam penataan aset tetap Pemerintah Kota Manado pada Tim teknis yang hadir saat ini. Sehingga ditargetkan pengelolaan aset dapat dilakukan dengan baik dan benar, mempercepat temuan BPK RI tahun 2017 sehingga dapat diselesaikan dengan baik. Tim akan menjelaskan secara singkat dan berkunjung ke Perangkat Daerah untuk memonitoring,” ujar Sekda Assa.

Pimpinan Perangkat Daerah ketika menghadiri sosialisasi (FOTO Ist)

Hadir pula Asisten III bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere SH dan Inspektur Kota Manado Drs Musa Hans Tinangon MSc serta pimpinan Tim Teknis Sulkarnain Sebaia. Hadir dalam acara tersebut para Kepala Perangkat Daerah serta pengurus barang yang ada di jajaran Pemkot Manado.

Untuk menciptakan pemerintahan Cerdas, good governance and clean government, kata Wali Kota, maka penatausahaan aset Daerah dan pengelolaan aset tetap harus sesuai dengan dasar hukum. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1