Tumundo Beber Kematian Operator Loader di Koha

Operator alat berat tewas tertimpa loader (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Utara, Erny Tumundo membeberkan temuan pada kasus kecelakaan kerja yang menimpa seorang pekerja yakni Maxi Worotikan di Koha Kabupaten Minahasa beberapa waktu lalu.

“Dari hasil penyelidikan tim pengawas ketenagakerjaan, loader atau alat berat yang dioperasikan korban, ternyata sudah tidak layak digunakan karena sering rusak,” bebernya kepada media ini Rabu (19/09/2018) malam.

Ditegaskan Tumundo, pihak pemberi kerja sempat melakukan sikap cuek dalam penanganan kasus tersebut, maka pihak pengawas pun langsung mendalami keberadaan perusahaan tersebut. Dan ditemukan bahwa pekerja sudah berbulan-bulan tak menerima gaji dan hak lainnya juga terabaikan.

“Penyelidikan terpaksa kami lakukan lebih mendalam karena perusahaan tempat korban bekerja kurang koorporatif, hasilnya cukup mengejutkan. Perusahaan sudah mengabaikan kewajibannya yaitu gaji karyawan atau pekerja sudah tidak dibayar berbulan-bulan dan jaminan sosial pun sudah menunggak lebih dari satu tahun,” tegas Tumundo.

Tumundo menyatakan dalam waktu dekat penyelidikan kasus meninggalnya operator loader akan segera ditetapkan sebagai dasar penuntutan kepada pihak perusahaan.(Cat)

iklan1
iklan1