Himaju FISPOL Unsrat ‘Mendudukkan’ PANCASILA, Petani dan Konflik Agraria Melalui Diskusi

Berlangsungnya diskusi (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Menyambut momentum Hari Tani Nasional Tahun 2018, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HIMAJU) Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISPOL) Universitas Sam Ratulangi (UNSRAT) melalui Devisi Aksi PPM & Kajian Strategis menyelenggarakan Diskusi Mingguan dengan tema “Pancalisa : Bacarita Petani dan Konflik Agraria” di Fispol Unsrat, Jumat (21/9/2018).

Menurut ketua HIMAJU Administrasi Fispol Dereifel Amihi, kegiatan ini sejatinya untuk menyambut momentum Hari Tani Nasional pada tanggal 24 September nanti. Kita sebagai mahasiswa apa lagi yang berstudi di FISPOL UNSRAT saya kira perlu memahami persoalan-persoalan yang tengah terjadi saat ini. Seperti yang kita ketahui Indonesia adalah negara agraris dan petani adalah mayoritas pekerjaan yang dimiliki oleh masyarakat indonesia. Tetapi hari ini yang terjadi adalah petani tidak memiliki lahan bertani.

Alhasil petani memilih untuk berpindah ke kota-kota besar yang akhirnya mengakibatkan kemiskinan di mana-mana. Persoalan tersebut tentu adalah sebab akibat dari berbagai kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah yang berkuasa saat ini belum sepenuhnya berpihak kepada masyarakat miskin. Perampasan dan penggusuran lahan petani dan masyarakat terjadi dimana-mana tanpa memberikan solusi yang baik terhadapa masyarakat.

Menurut jalankan reforma agraria sejati (UUPA No 5 Tahun 1960) adalah jalan atau gambaran untuk menyelesaikan konflik yang terjadi saat ini. Kegiatan diskusi mingguan ini kedepannya akan terus HIMAJU Administrasi laksanakan. Tentu dengan topik-topik yang berbeda dan menarik serta kontekstual sesuai kondisi dan opini (lokal maupun nasional) yang berkembang di masyarakat, kita akan angkat itu kedalam diskusi mingguan.(*/Redaksi)

Salam Biru Orange! Solidaritas Dalam Kejayaan.

iklan1
iklan1