Bulan Sabit Merah Sulut, Jadi Relawan Buka Dapur Umum di Palu

Relawan BSMI Sulut bersama Menteri Rini Soemarno (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Segudang kesedihan dan duka melanda, menyelimuti warga korban bencana di Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), seperti di Kota Palu, Donggala dan Sigi terjadi bencana gempa bumi dan tsumani yang memakan ribuan korban jiwa. Peristiwa kemanusiaan yang terjadi Jumat (28/9/2018) itu meluluhlantakkan rumah tinggal, rumah ibadah, fasilitas umum, gedung-gedung mewah dan infrstruktur rakyat lainnya.

Situasi itulah yang menggugah nurani para relawan, donatur dan sesama manusia, diantaranya Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Wilayah Sulawesi Utara (Sulut). Lia Suslia Pujimayah, selaku Ketua BSMI Sulut ketika diwawancarai wartawan mengatakan pihaknya turut membantu korban bencana di Sulteng karena keterpanggilan kemanusiaan, banyak hal yang dibutuhkan para korban bencana, kata Lia.

“Kita perlu bahu-membahu dalam membantu masyarakat korban bencana alam di Sulteng. Kami dari BSMI Sulawesi Utara secara pada kesempatan ini ikut bermitra dengan Yayasan Baitul Maal Pusat Listrik Negara (YBM PLN) yang menawarkan permintaan bantuan tenaga medis dan logistik yang diturunkan ke tempat bencana, kita terpanggil untuk membantu para korban bencana,” ujar Lia.

Logistik yang disediakan di dapur umum (FOTO Ist)

Ditambahkannya lagi bahwa tim relawan BSMI Sulut juga memfokuskan bantuan ke kawasan terdampak gempa dan tsunami terparah, seperti Perumnas Patoga di Palu Selatan dan Perumnas Balaroa di Palu Barat. Pada kunjungan, Rabu (3/10/2018), Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno saat berada di Palu menemui langsung para korban bencana juga mengunjungi dapur umum posko pengungsian di halaman Kantor PLN Palu, Sulawesi Tengah. Menteri jebolan Sarjana Ekonomi di Wellesley College, Massachusetts, Amerika Serikat ini juga memastikan ketersediaan BBM, Listrik dan beberapa posko pengungsian korban gempa dan tsunami lainnya.

”Tadi saya baru dari Donggala, dan mengunjungi beberapa tempat pengungsian lain. Banyak berharap agar para korban bencana terus kita ringankan beban dan penderitaan mereka, termasuk BUMN bagaimana ambil bagian dapat menyediakan tim relawan baik medis dan logistik untuk membantu para korban,” ujar Menteri Rini sambil menyampaikan terima kasih kepada BSMI yang turut serta sebagai relawan kemanusiaan.  (*/Redaksi)

iklan1
iklan1