PPSA Lemhanas, J Resource dan Sulawesi Cahaya Mineral Kirim Puluhan Ton Bantuan ke Sulteng

Persiapan penyaluran bantuan bencana Donggala (FOTO Suluttoday.com)

JAKARTA, Suluttoday.com – Sebagai wujud kepedulian antar sesama Yayasan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXI Lemhanas bekerjasama dengan PT J Resources Bolaang Mongondow, PT Gorontalo Sejahtera Mining dan PT Sulawesi Cahaya Mineral, ikut membantu korban bencana alam gempa dan tanah longsor di Palu serta Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng).

Seperti disampaikan, bantuan kemanusiaan bagi masyarakat korban bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala terus mengalir. Total bantuan yang diberikan berupa tenda, susu dan makanan bayi, genset, juga perlengkapan-perlengkapan lainnya sebanyak 16 ton.

Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua Senat PPSA XXI Komjen Pol (purn) Arif Wachjunadi kepada Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono, di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Selasa (9/10). Komjen Pol (purn) Arif Wachjunadi menjelaskan, bahwa ini merupakan bagian dari niat alumni PPSA XXI dan Yayasan PPSA XXI Lemhanas.

“Ini sudah menjadi program kami setelah lulus dari Lemhanas untuk melaksanakan kegiatan sosial seperti ini. Niat kami untuk membantu sesama yang sedang mengalami musibah, kemarin yang pertama, di Lombok, kami pun melakukan hal yang sama,” ujar Arif.

Bantaun yang disalurkan melalui peswat Hercules (FOTO Suluttoday.com)

Arif juga menjelaskan, bantuan ini dikoordinir ketua Yayasan IKAL PPSA XXI, Edi Permadi. Nantinya, bantuan ini akan diserahterimakan dan didistribusikan melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) yang sudah diketahui oleh Gubernur Sulteng, Longki Djanggola.

“Karena itu, yang dibawa, dan kami serahkan ke Lanud Halim Perdanakusuma, hasil koordinasi kami dengan pemerintah daerah setempat,” kata Arif.

Pada kesempatan tersebut, para Alumni PPSA XXI juga menyampaikan keprihatinan dan belasungkawa kepada korban yang tertimpa musibah dan berharap kondisi Palu dan sekitarnya kembali pulih.

“Kami prihatin dan turut belasungkawa atas musibah ini, terutama kepada keluarga yang meninggal dunia, yang ditinggalkan semoga tabah, yang luka segera sembuh, dan terutama insfrastruktur disana segera pulih. Tentunya pemerintah sudah mengambil langkah-langkah dengan cepat, untuk memperbaiki. Dan perbaikan kehidupan sosial disana juga sudah semakin baik. Bentuk dukungan kami adalah kegiatan sosial seperti ini,” ujar Arif.

Selain itu, Edi Permadi selaku Ketua Yayasan PPSA XXI sekaligus Direktur J Resources Asia Pasifik,Tbk, mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk solidaritas Yayasan PPSA XXI dan PT J Resources Asia Pasifik,Tbk (PSAB) dan PT Sulawesi Cahaya Mineral atas situasi yang dialami masyarakat Palu dan Donggala.

“Ini bentuk dukungan kami bagi masyarakat Palu yang sedang dirundung kemalangan. Semoga bantuan ini berguna bagi mereka,” ucap Edi Permadi.

Relawan saat persiapan menuju Donggala (FOTO Suluttoday.com)

Edi juga menjelaskan bahwa perusahaan telah mengirim tim rescue dan tim medis yang saat ini sudah bertugas membantu di Palu dan Donggala. Dalam kesempatan ini Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono, mengucapkan terima kasih kepada alumni PPSA XXI yang telah menyerahkan bantuan di Lanud Halim Perdanakusuma.

“Lanud Halim Perdanakusuma bertugas menyalurkan bantuan dari masyarakat yang berkenan membantu saudara-saudara kita yang kena musibah di Palu, termasuk diantaranya dari alumni PPSA XXI. Setelah bantuan ini diterima akan segera diberangkatkan ke Palu untuk diserahkan kepada saudara-saudara kita di Palu,” ujar Tony Harjono. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1