Launching Lembaga Wakaf Syarikat Islam, di Mukernas II SI

Pemaparan materi yang disampaikan Abid Takalamingan, Ketua Lembaha Wakaf SI (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Mendorong agar pergerakan organisasi Syarikat Islam (SI) tetap konsisten mewujudkan tujuan, maka SI melahirkan berbagai lembaga semi otonom. Diantaranya dibentuklah Lembaga Wakaf SI, dan alhamdulillah putra Sulawesi Utara (Sulut), Abid Takalamingan, S.Sos.,MH dipercayakan menjadi Ketua. Kepercayaan yang diberikan pengurus, wabil khusus dari Ketua Umum SI, DR H. Hamdan Zoelva, SH.,MH tidak akan disia-siakan, kata Abid.

Hal itu terbukti dalam pemaparan materi yang disampaikan Abid, Senin (15/10/2018) pada cara Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-II di Purwakarta Jawa Barat (Jabar). Dari sejumlah poin penting yang disampaikan terkait gran narasi Lembaga Wakaf SI yang perlu diamalkan, dikembangkan kedepannya, mantan legislator Sulut itu menyebutkan tujuan lembaga ini perlu dicapai.

”Tidak mudah memang melanjutkan perjuangan dari para pendahulu, kita telah menyiapkan visi dan misi dari Lembaga Wakaf Syarikat Islam yang adalah bentukan SI. Tujuannya ialah menjadi wadah atau tempat menyalurkan harta wakaf, khususnya wakaf yang diperoleh dari anggota Syarikat Islam dan seluruh masyarakat muslim, baik dalam maupun luar negeri. Kita akan memberdayakan dan membangun potensi perekonomian ummat Islam Indonesia serta meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia. Kita juga akan memantapkan fungsi peran dan kedudukan tanah wakaf untuk kepentingan serta kemaslahatan ummat Islam di Indonesia. Yang terakhir yaitu lembaga ini akan meningkatkan silaturahmi di kalangan Badan Wakaf lainnya dalam memecahkan permasalahan perwakafan di Indonesia,” ujar Abid saat diwawancarai Suluttoday.com.

Tak hanya itu, Abid juga menambahkan bahwa Syarikat Islam adalah organisasi pergerakan sebagai kelanjutan dari Serikat Dagang Islam (SDI) yang berdiri pada 16 Oktober 1905, untuk diketahui SI merupakan organisasi pertama yang mencitakan Indonesia sebagai sebuah negara yang bebas merdeka dan memiliki pemerintahan sendiri.

Mukernas II Syarikat Islam yang bertempat di Ciwareng Inn Hotel and Resort, Purwakarta Jawa Barat kegiatan ini dilaksanakan Senin s/d Selasa (15-16/10/2018) dan berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan. Sementara itu, lembaga Wakaf SI sendiri memberi kepercayaan kepada sejumlah nama dalam struktur kepengurusan, sebagai berikut:

Pembina : Dr H. Hamdan Zoelva, SH.,MH

Pengawas

Syari’ah  : Prof Dr. H. Ahmad Thib Raya, MA

Umum     : Heru Widodo, SH.,M.Hum

Pengurus

Ketua : H. Abid Takalamingan, S.Sos.,MH

Wakil Ketua : Salahuddin Gaffar, SH

Sekretaris : H. Haryono, SE,Ak

Bendahara : Eha Nurhayati

Abid Takalamingan dan sejumlah narasumber lainnya saat acara (FOTO Suluttoday.com)

Pada media ini juga, Abid tak lupa menyampaikan soal visi dari lembaga Wakaf SI yakni membangun kedaulatan ekonomi ummat dan bangsa Indonesia melalui SI Wakaf yang profesional, mandiri dan amanah. Dengan Misi bahwa lembaga ini akan mendorong kesadaran berwakaf dikalangan anggota dan simpatisan Syarikat Islam. Kemudian melakukan diversifikasi prodak wakaf, guna menarik minat wakif lewat berinvestasi lewat instrumen wakaf sebagai pranata ekonomi Islam.

Ketua Lembaga Wakaf SI saat memimpin rapat perdana yang dihadiri Ketum Hamdan Zoelva (FOTO Suluttoday.com)

Selain itu, lembaga ini juga membawa misi membangun kemitraan dengan pemerintah dan pihak swasta dalam menumbuhkembangkan wakaf dikalangan ummat Islam. Tidak hanya itu, lembaga SI Wakaf juga bercita-cita membangun sistem dan jaringan sumber-sumber wakaf yang potensial dikalangan kaum Syarikat Islam pada khususnya dan ummat Islam pada umumnya. Yang terakhir adalah menggapai pemerataan ekonomi ummat dan bangsa dengan perjuangan ekonomi yang berbasis syariah. (*/Amas)

iklan1
iklan1