Sulut Kaji Terap Mekanisme Pelaksanaan Samsat Online Nasional

Kunjungan kerja ke salah satu samsat di Bali (FOTO Ist)

DENPASAR, Suluttoday.com – Dalam upaya optimalisasi penerimaan Pendapatan Asli Daerah melalui PKB dan BBN-KB serta sinergitas pelayanan Samsat di Sulawesi Utara, Sekretariat Tim Pembina Samsat Provinsi Sulut melakukan Kaji Terap. Menurut Sekretaris Bapenda Sulut yang bersama tim melakukan kaji terap di Denpasar Bali kepada media ini adalah mempelajari dan memperoleh informasi terkait sistem informasi pendapatan dan pelayanan Samsat.

Lebih lanjut Kuhon mengatakan bahwa materi kaji terap yang didiskusikan bersama antara lain, mekanisme pelaksanaan Samsat Online Nasional, Pengintegrasian Data Antara ERI Korlantas, Bapenda dan Bank Persepsi; penanganan, pencatatan, pengakuan dan penghapusan piutang serta aturan yang mengatur. Kegiatan selama 2 hari tersebut juga dimanfaatkan tim untuk kunjungan dibeberapa layanan Samsat di Kota Denpasar Bali.

Untuk pemilihan lokasi kaji terap Kuhon menandaskan bahwa Provinsi Bali dinilai terbaik dan berhasil dalam hal transaksi Samsat Online Nasional selain Provinsi DKI Jakarta. Kegiatan kaji terap turut mendukung dengan keikutsertaan pihak Bank SulutGo sebagai Bank persepsi dalam pelaksanaan Samsat Online Nasional, yang nantinya akan lebih memudahkan masyarakat Sulawesi Utara dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

Selain itu diungkapkan Kuhon bahwa kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan mengikuti Rapat Koordinasi Pembina Samsat Nasional Tahun 2018, yang dihadiri oleh Mendagri, Kapolri, dan 27 Gubernur se-Indonesia, bersama Bank Pembangunan Daerah se-Indonesia dan 7 Bank Nasional lainnya.(Cat)

iklan1
iklan1