Wah, Mantan Kadis PUPR Manado Diduga Belum Kembalikan Barang Milik Daerah

Kantor Walikota Manado

MANADO, Suluttoday.com – Pergantian pejabat atau Kepala Perangkat Daerah (PD) di Kota Manado yang nyaris mendapat perhatian ialah soal barang milik Negara yang sering kali raib. Hal ini terjadi di Dinas Pekerjaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Manado, dimana mantan Kadis Bart Assa setelah mendapat rolling belum juga mengembalikan sejumlah barang yang menjadi milik Dinas PUPR Manado.

”Setelah beliau diganti dari jabatan Kepala Dinas PUPR, sampai sekarang beberapa fasilitas kantor yang beliau gunakan menjadi pimpinan, sekarang setelah tidak lagi menjadi Kadis PUPR Manado, tapi barang-barang itu belum dikambalikan. Padahal setahu kami, aturannya harus dikembalikan ke Dinas. Sudah beberapa kali kami hubungi bahkan sempat datang ke rumah beliau Pak Bart, tapi beliau alasannya tidak ada di rumah,” ujar sumber yang adalah pegawai PUPR Manado yang meminta namanya tidak disebutkan.

Untuk diketahui, terdapat 7 item barang milik PUPR Manado dan satu mobil Hilux hitam Double Cabin milik Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Manado yang masih ditangan Bart Assa. Diantara barang-barang itu yakni 1 unit komputer notebook merek Apple MacBook (MLHC2ID/A) – Silver tahun 2017, 1 unit komputer tablet, Apple ipad pro wi-fi + celluar 128 GB 9.7” Gold tahun 2017, kemudian 2 unit hard disk eskternal seagate backup plus sim USB 3.0 2TB tahun 2017, 2 unit mikrometer digital tahun 2017, dan 1 unit komputer PC merek Apple iMac MK452+Office 2016 tahun 2017.

Menanggapi hal itu, Senin (27/11/2018), Ketua Umum Tommy Turangan SH, AMTI menyorot perilaku tersebut. Dikatakan Tommy pejabat daerah harus bermental jujur dan tau apa yang menjadi hak milik mereka, cara itu akan menjadi c0ntoh teladan yang baik bagi Aparatur Sipil Negara dibawahnya. Aktivis vokal ini mengatakan agar mantan Kadis PUPR Manado segera mengembalikan barang-barang tersebut karena itu menjadi aset pemerintah.

”Ini soal mentalitas, kalau pejabat tau akan hak dan kewajiban tentu peristiwa seperti ini tidak terjadi. Harusnya setelah dirolling Kadis PUPR Manado mengembalikan aset yang digunakan beliau, karena barang-barang itu adalah milik Negara yang harus dipertanggung jawabkan. Pejabat Perangkat Daerah sebetulnya menjadi contoh bagi bawahannya bukan berperilaku menyimpang,” tutur Turangan tegas. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1