Diduga ‘Baku Balante’ PAW Anggota DPRD Boltim, Modeong Angkat Bicara

Candra Modeong (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Terus bergulir adanya dugaan soal ‘baku balante’ atau praktek saling sogok warnai proses Penggantian Antar Waktu (PAW) di lembaga DPRD Kabupaten Bolaang Mangondouw Timur (Boltim) akhirnya mendapat tanggapan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Hati Nurani Rakyat (DPC Hanura) Boltim, Candra Modeong.

Menurutnya persetujuan dari DPP Partai Hanura untuk Pengganti Antar Waktu kepada anggota DPRD di Kabupaten Boltim yang benar akan menggantikan Umar Mamonto Mokoapa ialah Lusmini Posuma. Lanjut disampaikan Candra, SK DPP Partai Hanura tentang persetujuan kepada Lusmini Posuma ada sah karena merupakan prodak hukum partai, dan kpu serta DPRD harus menghormati itu.

“Iya, jika ada yang mengusul selain Lusmini Posuma, saya menduga ada pihak yang berwenang terkena sogok,” tutur Modeong dengan suara lantang.

Ketua parpol yang dikenal vokal ini Modeong menjelaskan, bahwa SK DPP Nomor: A/235/DPP-Hanura/IX/2018 terkait persetujuan Lusnimi Posuma telah diserahkan partinya ke Ketua DPRD tertanggal 17 September 2018.

“Saya tidak mengerti apa yang diinginkan DPRD, masa dua kali dikembalikan oleh Bupati untuk di faktual berkas PAW, pihak DPRD tidak pernah mengusul nama Lusmini Posuma,” ujar Modeong pada Suluttoday.com, Kamis (29/11/2018).

Diperkirakan, bila hal ini terjadi dan akan keluar SK Gubernur, maka DPC Hanura Boltim, kata Modeong menilai kalau langkah dikeluarkannya SK tersebut adalah abal-abal alias bodong karena DPC Hanura tidak pernah mengusul nama lain dan dalam dokumen calon PAW harus ada usulan partai politik.

“Pemilik kursi ada Partai politik bukan perorangan yang nyaleg, meski suara terbanyak di pileg 2014 kalau tidak ada kontribusi dalam membesarkan partai apalagi menghadapi Pileg 2019. Partai tidak akan memberikan ke orang yang tidak mendedikasikan diri terhadap partai, itu tegas,” kata Modeong yang juga mantan aktivis PMII Cabang Manado ini. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1