Bersama Remaja Masjid, LP3 Citra Muda Insani Gelar Pelatihan Kepemimpinan Pemuda di Manado

Idam Zakaria dan Laurens Umboh disaat sambutan (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Perhatian Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI) melalui Lembaga Pengkajian, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Citra Muda Insani (LP3 CMI) untuk meningkatkan kapasitas pemuda terus dilalukan. Kali ini Lp3 CMI melaksanakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Pemuda 2018 di Madrasah Tsanawia (MTs) Bailang Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (30/11/2018) dihadiri ratusan peserta.

Kegiatan yang berakhir Minggu (2/12/2018) itu dibuka secara resmi Wali Kota Manado, DR GS Vicky Lumentut, diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado, Laurens Umboh, S.Sos. Menurut Idham Zakaria, SE.,MM, selaku Founder Lp3 CMI dalam sambutannya menitik beratkan fokus dari pelatihan ialah untuk memperkuat wawasan kebangsaan pada pelajar, remaja dan kaum muda di Kota Manado.

‘’Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, yang melibatkan ratusan pelajar, generasi remaja dan pemuda. Umumnya, dari perwakilan remaja Masjid di Kota Manado, ia tujuannya yakni membekali pengetahuan kepada mereka peserta ini agar dapat memberi filter, atau memerangi radikalisme, terorisme dan gerakan intoleran. Sekaligus mengasah jiwa kepemimpinan mereka, agar tumbuh cinta terhadap tanah air, membangun karakter kepemimpinan pemuda sejak dini,’’ ujar Idham.

Penyerahan cindera mata kepada narasumber dan moderator (FOTO Suluttoday.com)

Pemerintah Kota Manado melalui Kadis Pora Manado memberi apresiasi kepada Lp3 CMI atas kegiatan pembinaan generasi muda. Kegiatan semacam ini, kata Kadis Umboh berdampak positif terhadap pembangunan di Manado, dan Indonesia pada umumnya. Tidak hanya itu, Umboh berharap agar Lp3 CMI kontinu melakukan kegiatan-kegiatan seperti itu.

Kompak peserta pelatihan dan pelaksana bersama undangan (FOTO Suluttoday.com)

‘’Pemerintah Kota Manado sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan kepemimpinan pemuda ini, apalagi melibatkan generasi muda dari berbagai Masjid di Manado. Melalui pelatihan-pelatihan akan tumbuh generasi muda yang ungguh, beretika, beriman, berakhlak dan menjaga keutuhan bangsa tentunya. Kami juga berharap, selanjutkan kegiatan serupa terus dilakukan, memang pentingnya edukasi seperti ini dilakukan,’’ ujar Umboh, yang setelahnya membuka acara tersebut secara resmi.

Usai penyerahan cindera mata (FOTO Suluttoday.com)

Sementara itu, panitia pelaksana sendiri di hari pertama pelatihan, Jumat (30/11/2018) mengundang para narsumber sebagai berikut, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulut, Brigjen Drs Utomo Heru Cahyono, M.Si, dengan membawa materi tentang Bahaya Narkoba. Selanjutnya, mewakili Kapolda Sulut, adalah Kasubdit II Dit Intelkam Polda Sulut AKBP Eko Akwan, SH membawakan materi Radikalisme dan Terorisme.

Narasumber dari Polda Sulut ketika memaparkan materi (FOTO Suluttoday.com)

Kemudian, dari Badan Intelijen Negara (BIN) yang hadir Priyo yang memaparkan materi Kejahatan Transnasional. Sesi terakhir, materi diisi pakar hukum aktivis senior yang juga akademisi Unsrat Manado, DR Abdurrahman Konoras, SH.,MH yang dimoderatori Sekretaris DPD KNPI Manado, Amas Mahmud, S.IP. Peserta pelatihan yang hadir dari remaja masjid, BKPRMI, IPNU, pengurus OSIS dan pelajar di MTS Bailang Manado. (*/Mas)

Foto bersama tim kerja, Kadis Pora Manado, tokoh masyarakat dan Idham Zakaria (FOTO Suluttoday.com)

iklan1
iklan1