E-Commerce Tingkatkan Daya Saing Hadapi MEA

Karo Ekonomi saat memberikan sambutan (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri membantu pemerintah daerah untuk mengoptimalkan pemanfaatan e-commerce. Hal tersebut diungkapkan melalui kegiatan forum penyampaian saran kebijakan mengenai optimalisasi pemanfaatan e-commerce di tengah tantangan era Masyarakat Ekonomi ASEAN 2025 kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Utara Kamis (29/11/2018) di ruang FJ Tumbelaka.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM RI Victoria Simanaungkalit mengatakan forum ini merupakan kerja sama antara Direktorat Kerja Sama Ekonomi ASEAN bersama Dinas Koperasi dan UKM Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dengan menghadirkan pembicara Duta Besar Foster Gultom dari Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN, Deputi bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Sulawesi Utara, dan CEO Galago (UKM Sulawesi Utara yang telah memanfaatkan e-commerce dalam usahanya).

Kegiatan ini juga menghadirkan fasilitator dari Google Indonesia untuk memberikan bimbingan teknis mengenai Google Bisnis bagi peserta UMKM yang hadir. Sementara itu, Kepala Biro Ekonomi dan SDA, F Manumpil menegaskan bahwa melalui kegiatan seperti ini dapat mendorong perkembangan UMKM yang ada di Sulawesi Utara untuk dapat mengoptimalkan e-commerce untuk bersaing dan mengambil manfaatnya.(Cat)

iklan1
iklan1