Pemkab Minsel Gelar Bimtek Terhdap Ratusan Hukum Tua

Berlangsungnya pembukaan Bimtek (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Sebanyak 100-an Hukum Tua (Kumtua) dan perangkat desa se-Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Profil Desa dan Panduan Pembangunan Desa yang berlangsung selama 2 hari (26-27 Desember 2018) di Manado.

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Selatan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Drs. Evert Poluakan yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan Desa, Alfian Lapod, SE., MM menyambut positif adanya pembekalan akhir tahun yang memberikan materi tentang penyusunan profil desa berbasis web dan pedoman pembangunan desa.

“Materi-materi ini sangat penting bagi para Hukum Tua dan perangkat desa untuk memajukan desa dan mensejahterakan masyarakat guna tercapainya Desa Mandiri, Desa Kuat, dan Desa Sejahtera,” katanya dalam sambutan saat membuka bimtek yang diselanggarakan tim dari pusat pelatihan Bahana Mulya Dharma, Rabu (26/12) malam di Hotel Gran Central Manado.

Apalagi, menurut dia, khusus berkaitan penyusunan profil desa yang memang diharuskan oleh Kementerian Desa (Kemendes) dan Pemkab Minsel.

“Begitupun, tentang pedoman pembangunan desa, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 114 tahun 2014,” tambah Lapod.

Untuk itu, diharapkannya, para peserta dapat memanfaatkan kesempatan mengikuti bimtek guna menambah wawasan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia nya masing-masing sebagai perangkat desa.

Sementara, penanggungjawab tim penyelenggara mengatakan, pihaknya menghadirkan nara sumber yang berpengalaman dan memberikan bonus pembekalan materi soal perpajakan dalam pengelolaan keuangan desa. Pantauan media, materi tambahan terkait perpajakan yang diberikan sesudah acara pembukaan di malam pertama, mendapat respon peserta yang aktif dalam diskusi tanya-jawab. (*/Refly)

iklan1
iklan1