GS VICKY LUMENTUT: Perlunya Evaluasi, Introspeksi dan Koreksi

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut saat bersalaman dengan Kabag pemerintahan dan Humas Pemkot Manado (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Wali Kota Manado, DR GS Vicky Lumentut, Kamis (3/1/2019) saat memimpin Apel setelah masa libur panjang cuti bersama Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Dihadapan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, menyampaikan berganti tahun adalah hal yang biasa.

”Momentum pergantian tahun merupakan titik evaluasi, introspeksi dan koreksi terhadap kaleidoskop pencapaian kinerja kita pada tahun sebelumnya, sebagai bahan refleksi dan acuan kita untuk melangkah di tahun 2019 dengan optimisme yang tinggi dalam mencapai kinerja yang lebih baik,” ujar orang nomor satu di Manado itu.

Ditambahkan Wali Kota bahwa mencermati rekam jejak perjalanan penyelenggaraan pemerintahan sepanjang tahun 2018, ada 21 penghargaan dan prestasi yang ditorehkan Pemkot Manado dari target 18 penghargaan. Meski demikian, kata Wali Kota Vicky Lumentut, dirinya tidak menargetkan lebih dari 21 penghargaan pada tahun 2019 ini.

”Saya tidak ingin muluk-muluk menargetkan jumlah penghargaan yang kita akan raih tahun 2019. Jika tahun 2017 target 17 penghargaan, tahun 2018 ditargetkan 18 penghargaan, tahun 2019 ini kita targetkan 19 penghargaan, kalau dapat lebih dari 19 itulah kerja keras kita bersama,” tutur Wali Kota Vicky Lumentut.

Wali Kota juga mengungkap keberhasilan Pemkot Manado meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017 serta meraih predikat BB atas Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) Kota Manado tahun 2017.

”Penghargaan memang bukanlah tujuan utama penyelenggaraan pemerintahan, tetapi penghargaan bisa menjadi bahan evaluasi kinerja pemerintah serta sebagai penanda jika pelaksanaan pemerintahan berjalan on the track, dan menjadi motivasi bagi kita untuk mencapai hasil yang lebih baik lagi dimasa yang akan datang,” kata Vicky Lumentut.

Memasuki tahun 2019 sebagai tahun politik, Wali Kota Vicky Lumentut meminta ASN Pemkot Manado untuk menjadi role model dalam berdemokrasi dengan menjaga netralitas dan kredibilitas.

Wali Kota ketika memimpin Apel perdana (FOTO Ist)

”Tahun 2019 adalah tahun politik, tahun pelaksanaan pesta demokrasi dengan agenda pemilihan legislatif dan pemilihan presiden. Untuk itu, sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat, saya mengimbau kepada seluruh ASN dilingkungan Pemkot Manado agar senantiasa menjaga netralitas dan kredibilitas demi terselenggaranya tugas-tugas pemerintahan dengan baik. Disamping itu, ASN juga harus mampu menjadi role model ditengah masyarakat dalam hal berdemokrasi. Gunakan hak saudara dalam berdemokrasi, tanpa mengganggu integritas dan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas,” tutur Wali Kota Vicky Lumentut.

Tak hanya itu, Wali Kota Manado dua periode ini berharap agar ASN dan THL menjadi agen penyampaian informasi program Pemkot Manado kepada masyarakat.

”Jangan sampai ada masyarakat yang bertanya tentang program pemerintah, ada pegawai yang hanya mengatakan tidak tahu atau tanya saja kepada Walikota, Wakil atau Sekda. Seluruh ASN harus jadi agen-agen penyampaian informasi kepada masyarakat. Apapun program pemerintah Kota Manado harus tahu, dan mampu jelaskan kepada masyarakat,” kata Walikota Vicky Lumentut.

Terkait larangan penggunaan kemasan plastik di Kota Manado, Wali Kota Vicky Lumentut menegaskan akan membuat payung hukum dengan mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) pada tahun 2019 ini.

”Sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan dengan mengurangi penggunaan kemasan plastik, saya akan mempertegas melalui Perda. Tahun 2019 ini, kami akan bahas dengan dewan untuk membuat Perda tentang larangan penggunaan plastik di Kota Manado,” tukasnya. Dalam Apel Kerja Perdana itu, Walikota Vicky Lumentut menerima bantuan satu unit kendaraan perpustakaan keliling lengkap dengan koleksi buku bacaan terbaru dari Perpustakaan Nasional (Perpunas) Republik Indonesia, yang diserahkan Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Nasional RI Drs Denni Kurniadi MHum.

”Selanjutnya, penambahan kendaraan perpustakaan keliling ini sangat bermanfaat untuk memperluas jangkauan layanan perpustakaan bagi masyarakat serta sekolah-sekolah yang berada di wilayah pinggiran. Semoga mobil perpustakaan keliling ini bisa menjadi media yang kontributif untuk menciptakan masyarakat Kota Manado yang Cerdas paripurna,” papar Wali Kota yang akrab disapa GSVL ini.

Setelah itu, GSVL menyerahkan Surat Keputusan (SK) kenaikan pangkat dan SK pensiun kepada sejumlah ASN Pemkot Manado. Tampak hadir dalam Apel Kerja Perdana tahun 2019, Sekretaris Daerah Kota Manado Micler CS Lakat SH MH, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs Heri Saptono, Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan dr Robby Mottoh, Asisten III bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere SH, sejumlah pejabat, serta ribuan ASN dan THL Pemkot Manado. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1