BAZNAS Sulut Buka Dapur Umum, Salurkan Ribuan Makanan Siap Saji

Ketua Baznas Sulut, Abid Takalamingan saat menyalurkan bantuan alkon (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Dipimpin langsung Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Abid Takalamingan S.Sos.,M.H, disaat insiden banjir melanda Kota Manado Baznas membuka Dapur Umum. Senin (4/2/2019), Abid saat diwawancarai mengatakan bahwa pihaknya menurunkan Relawan untuk membantu masyarakat korban banjir dan tanah lonsgor di Manado.

”Umumnya Baznas mengambil bagian untuk meringankan beban dan penderitaan yang dialami masyarakat korban banjir di Kota Manado. Kita membuka 4 Dapur Umum, dengan pusat Dapur Utama di Almunawarah Kelurahan Mahawu Lingkungan 7 Kecamatan Tuminting. Kita menyalurkan bantuan berupa makanan siap saji kepada para korban,” kata Abid.

Para relawan Baznas saat menyiapkan makanan (FOTO Ist)

Lanjut disampaikannya Baznas Sulut juga mengidentifikasi apa-apa saja yang dibutuhkan para korban, serta ikut mengevakuasi warga yang terkena banjir. Abid memaparkan beberapa metode yang dilakukan Baznas Sulut dengan tujuan menyelesaikan apa yang kemudian permasalahan dihadapi para korban bencana. Tak hanya itu, Baznas memberikan bantuan pakaian layak pakai kepada korban banjir.

Penuh semangat para relawan saat berada di Dapur Umum (FOTO Ist)

”Kita tahu sendiri, disaat banjir memang berdatangan bantuan. Warga korban bantuan juga kami identifikasi karena mereka selain membutuhkan bantuan emergensi, respon, mereka membutuhkan recovery, rekonstruksi bencana. Kita menyuplai logistik disejumlah titik dengan dibantu relawan Baznas dari Kota Bitung dan sekitarnya. Tiap hari 4.000 makanan siap saji (nasi bungkus) yang disalurkan. Malam 2000, siangnya 2000 bungkus,” tutur Abid mantan anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara ini.

Pakaian layak pakai yang akan disalurkan (FOTO Ist)

Tidak hanya itu, Baznas Sulut juga memberikan bantuan berupa 4 buah mesin alkon, mereka ikut membantu tenaga dengan melakukan bersih-bersih sisa banjir yang membuat sampah menumpuk ditengah lingkungan warga. Abid pun berharap agar kesadaran saling membantu, kepedulian dan kepekaan berbagai pihak terhadap insiden yang dialami warga Manado terus ditingkatkan. (*/Redaksi)

Suasana di Dapur Umum Baznas Sulut (FOTO Ist)

iklan1
iklan1