Gebrakan Hebat ODSK Wajib Diimbangi Pelaku Pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata saat memberikan sambutan (FOTO Ist)

MANADO, Suluttoday.com – Kepala Dinas Pariwisata Daerah Provinsi Sulut, Daniel Mewengkang menegaskan bahwa gebrakan hebat Olly Dondokambey-Steven Kandou (ODSK) di sektor pariwisata sudah seharusnya diimbangi oleh pelaku usaha pariwisata sesuai standar.

Hal ini diungkapkan Mewengkang saat membuka kegiatan Standarisasi Pelayanan Pelaku Usaha Pariwisata, Senin (26/02/2019) pagi. Dijelaskan Mewengkang bahwa gebrakan dahsyat ODSK seperti pembukaan penerbangan dari Tiongkok ke Manado telah mencapai angka 47 ribu sejak 4 Juli 2016, kemudian meningkat ditahun 2017 menjadi 87 ribu kunjungan wisatawan yang masuk ke Sulut, dan ditahun 2018 ada 127 ribu.

Mewengkang pun menambahkan, terkait dengan hasil ini maka dibutuhkan standarisasi bagi pelaku usaha pariwisata, dimana kalau orang datang lihat kebutuhan yang datang seperti wisatawan yang datang, jangan tergantung keinginan, lebih apa yang dibutuhkan.

Sehingga bagaimana standarisasi yang akan dilakukan, maka diperlukan pengetahuan, seperti contoh banyak didapati pelayanan di rumah makan dipesan mie keluar nasgor padahal sudah ditulis, bahkan kalau sudah lelah pelayannya hanya cuek bahkana menyuruh konsumen mengambil sendiri, karena itulah diperlukan pengetahuan serta standart operasional prosedur dalam mendukung pariwisata.

“Wajib ada SOP, dipariwisata tak ada kata tak dikenal tak disayang, namun siapapun yang datang disapa lebih dahulu,” tandasnya pula.(cat)

iklan1
iklan1