Tunjang Kompetensi Calon Naker, BLK Siapkan Puluhan Paket

Rahel Ruth Rotinsulu (FOTO Ist)

BITUNG, Suluttoday.com – UPTD Balai Pelatihan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Utara atau dikenal dengan BLK Bitung tahun 2019, menyiapkan sejumlah paket untuk menunjang kompetensi calon tenaga kerja (naker). Hal ini disampaikan oleh Kepala BLK Bitung, Rahel Ruth Rotinsulu SSTP MSi kepada media ini Kamis (28/02/2019) sore.

Rotinsulu menyatakan bahwa pihaknya menyiapkan 72 paket pelatihan dengan 50 program institusional dan 22 program MTU (mobile training unit). Dan diuraikan Rotinsulu total anggaran yang digelontorkan demi mendukung program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan melalui kualitas calon tenaga kerja adalah sebesar Rp 5.760 Miliar.

Ditandaskan mantan juru bicara Pemerintah Kota Cakalang ini bahwa peserta pelatihan di BLK Bitung nantinya wajib mengikuti program uji kompetensi dari LSP dimana yang lulus berhak mendapatkan sertifikat dari kemenaker RI melalui badan sertifikasi profesi (BNSP).

Hal ini tentunya akan semakin menambah nilai dari calon tenaga kerja saat melamar pekerjaan. Lebih lanjut ibu dua orang anak ini menambahkan bahwa Kamis (28/02/2019) siang telah dimulai program pelatihan berbasis kompetensi tahap I yang dibuka Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw.

Dimana untuk pelatihan berbasis kompetensi tahap I sebanyak 15 paket yakni pemeliharaan kendaraan ringan sistem konvensional, practical office advanced, perawatan mesin pendingin AC, service sepeda motor, penjahitan pakaian, operator cabinet making, pemasangan listrik bangunan sederhana, junior administrative assistant, pengelolaan administrasi perkantoran, juru las, pemasangan instalasi listrik otomasi, dan pengoperasian mesin bubut dan frais.(cat)

iklan1
iklan1