Minta Lanjutkan Pembangunan SDIT Buha, Warga Demo di Kantor Camat Mapanget

Warga Buha melakukan demo mendorong pembangunan SDIT (FOTO Suluttoday.com)

MANADO, Suluttoday.com – Setiap warga Negara berhak mendapat dan mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya, hal itu ditegaskan dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 31, seperti dikutip Yus Bagau, Ketua Adat Bantik Buha, Senin (18/3/2019). Dasar penyamapaian Bagau dilatarbelakangi atas munculnya dugaan sabotase dari segelintor orang atas pembangunan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Buka Kecamatan Mapanget Kota Manado.

Buntut dari penolakan tersebut, sejumlah warga solid menyuarakan tuntutan mereka kepada pemerintah Kecamatan melalui demo yang dilakukan di Kantor Camat Mapanget. Menurut Bagau, SDIT yang akan dibangun merupakan bagian dari kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia. Itu sebabnya, ia berharap pemerintah Kecamatan Mapanget agar memberikan penegasan atas pembangunan gedung SDIT yang kini pembangunannya telah dimulai.

”SDIT Harapan Bunda dibawah Yayasan Albina ini sedang dibangun. Ada informasi yang berbeda ada yang mengira ini pembangunan Pesantren, saya katakan tidak. Untuk itu, tujuan dibangunan fasilitas pendidikan ini telah diatur UUD 1945, sehingga wajib kita dukung pembangunannya. Pembangunan infrastruktur baru dimulai, cuma sadiki ada sedikit gejolak penolakan. Sehingga itu, harus dilakukan pembangunan jangan ada yang membatasi atau komplein dengan cara-cara yang tidak beralasan, pembangunan sekolah tersebut pembangunannya akan kami kawal,” ujar Yus sambil menambahkan, pihaknya datang ke Kantor Camat untuk meminta Camat Mapanget memberi dukungan atas pembangunan yang sudah sesuai prosedur tersebut.

Bang Thoib, dan situasi hearing pendemo bersama pemerintah Kecamatan (FOTO Suluttoday.com)

Hal senada juga ditegaskan Ketua BM PAN Kota Manado, Faisal Salim yang menyebutkan bahwa sekitar 50 siswa yang siswa yang mendaftar khusus Kelurahan Buha ditambah dengan Kecamatan Mapanget umumnya berjumlah 300-an siswa harus diberikan solusi. Jalan keluar itu berupa dilanjutkannya pembangunan SDIT Buha tersebut.

IMB dan lahan pembangunan SDIT (FOTO Suluttoday.com)

”Mari kita sama-sama mendorong pembangunan SDIT ini agar anak-anak kita bisa bersekolah dengan tenang. Kasihan, karena pendidikan merupakan hak dasar masyarakat, sehingga demikian tidka boleh ada kelompok atau oknum tertentu yang diluar ketentuan hukum mensabotase pembangunan sekolah. Kami mengajak kita semua agar sama-sam menunjang pembangunan di Kota Manado,” tutur Bang Thoib sapaan akrab Faisal. (*/Redaksi)

iklan1
iklan1